Sistem Pakar Menentukan Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web

Joni Karnando(1), Legiman Slamet(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i2.109035

Full Text:    Language : id

Abstract


Gaya belajar merupakan suatu cara yang konsisten dan lebih disukai seseorang dalam melakukan kegiatan berfikir, menyerap informasi, memproses atau mengolah dan memahami suatu informasi serta mengingatnya dalam ingatan. Umumnya gaya belajar dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu visual, auditory, dan kinestetik, pengelompokan ini merupakan panduan bahwa individu memiliki kecenderungan kepada yang paling menonjol diantara gaya belajar tersebut. Kecenderungan ini menyebabkan individu yang bersangkutan jika memperoleh rangsangan yang sesuai dalam belajar akan cenderung lebih mudah untuk menyerapnya. Sistem pakar dengan menggunakan metode forward chaining berbasis web bertujuan untuk membantu siswa mengetahui gaya belajarnya. Guru juga mendapatkan informasi terkait gaya belajar siswanya sehingga proses pembelajaran dan pengajaran guru lebih efektif dan kondusif untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Dalam perancangan sistem, digunakan Use Case Diagram, Activity Diagram, Context Diagram, Flowmap, Normalisasi, dan Entity Relationship Diagram. Sistem ini melibatkan setidaknya 5 pengguna, yaitu Administrator, Siswa, Orang Tua, Guru, dan Pakar.


References


Deporter, Bobbi & Mike Hernacki. 2013. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Meyenangkan. Alwiyah Abdurrahman. Bandung : Kaifa.

Chatib, M. (2012). Orangtuanya manusia: melejitkan potensi dan kecerdasan dengan menghargai fitrah setiap anak. Kaifa.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Jumroidah, S., Kadir, K., & Suhar, S. (2019). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 UNAAHA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(3), 57-70.

Hanifa, H., & Anwar, M. (2018). Perancangan Sistem Pakar Tes Kepribadian Berdasarkan Teori Myers-Briggs Type Indicator dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 6(2), 74-79.

Anita Desiani dan Muhamma Arhami, Konsep Kecerdasan Buatan, Andi Publisher, Yogyakarta, 2006.

Fadillah, R., & Slamet, L. (2019). Perancangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android di SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 61-70.

Supartini, W., & Hindarto, H. (2016). Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Dini Penyakit Tuberkulosis Di Jawa Timur. Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, 1(3), 147-154


Article Metrics

 Abstract Views : 1503 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 442 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.