Abstract


Gaya belajar merupakan suatu cara yang konsisten dan lebih disukai seseorang dalam melakukan kegiatan berfikir, menyerap informasi, memproses atau mengolah dan memahami suatu informasi serta mengingatnya dalam ingatan. Umumnya gaya belajar dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu visual, auditory, dan kinestetik, pengelompokan ini merupakan panduan bahwa individu memiliki kecenderungan kepada yang paling menonjol diantara gaya belajar tersebut. Kecenderungan ini menyebabkan individu yang bersangkutan jika memperoleh rangsangan yang sesuai dalam belajar akan cenderung lebih mudah untuk menyerapnya. Sistem pakar dengan menggunakan metode forward chaining berbasis web bertujuan untuk membantu siswa mengetahui gaya belajarnya. Guru juga mendapatkan informasi terkait gaya belajar siswanya sehingga proses pembelajaran dan pengajaran guru lebih efektif dan kondusif untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Dalam perancangan sistem, digunakan Use Case Diagram, Activity Diagram, Context Diagram, Flowmap, Normalisasi, dan Entity Relationship Diagram. Sistem ini melibatkan setidaknya 5 pengguna, yaitu Administrator, Siswa, Orang Tua, Guru, dan Pakar.