Penerapan Kurikulum MBKM pada Mata Kuliah Kriya Keramik Dasar di Program Studi Seni Rupa FBS UNP

Anastasiia Marakhina(1), Angga Elpatsa(2), Nurhizrah Gistituati(3), Alwen Bentri(4),
(1) PhD student Universitas Negeri Padang Postgraduate School Doctoral Program In Education Science Originally from Moscow, Russia  Russian Federation
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i4.132481

Full Text:    Language : id

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memahami bagaimana kurikulum MBKM diterapkan pada mata kuliah Kriya Keramik Dasar, Program Studi Seni Rupa Universitas Negeri Padang. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggali relevansi kurikulum berbasis proyek, kolaborasi industri, dan integrasi teknologi dengan pengembangan keterampilan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum ini berhasil menciptakan pembelajaran yang aplikatif dan relevan. Mahasiswa tidak hanya menguasai keterampilan teknis seperti teknik keramik tradisional, tetapi juga mampu menghasilkan karya inovatif yang berkontribusi pada pelestarian budaya lokal. Namun, tantangan seperti keterbatasan mitra industri dan minimnya pemanfaatan teknologi canggih perlu diatasi melalui penguatan infrastruktur dan perluasan kerja sama. Dengan demikian, kurikulum MBKM mampu mencetak lulusan yang kompeten dan kreatif serta relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

References


Atmojo, W. T., Misgiya, A., Azis, A. C. K., Elpalina, S., & Agustina. (2024). The synergy of craft education in educational and non-educational curricula. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 6(4), 1476–1483. https://doi.org/10.34007/jehss.v6i4.2124

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: Model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran kurikulum akhlak dalam pembentukan karakter di Sekolah Alam SoU Parung Bogor. Jurnal Tematik.

Kemdikbud. (2021). Panduan implementasi merdeka belajar kampus merdeka.

Kurniawan, H., & Budiyono. (2021). Hero’s model: Case study to reduce students’ learning loss and anxiety. Cypriot Journal of Educational Sciences.

Leuwol, N. V., Wula, P., Purba, B., Marzuki, I., Brata, D. P. N., Efendi, M. Y., Masrul, M., Sahri, S., Ahdiyat, M., & Sari, I. N. (2020). Human resource development college tall: A draft, fact and ideas. Medan: Foundation We Write.

Maihesah Ghandi, R., & Al Kadri, H. (2024). Dampak implementasi program merdeka belajar kampus merdeka di Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9796–9800. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13867

Rukmini, E., Artsanti, P., & Nugraha, A. S. (2021). Reflection on the online learning of Pancasila and citizenship in an international class program. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(2).

Tohir, M. (2020). Buku panduan merdeka belajar-kampus merdeka.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2020). Kurikulum merdeka belajar pada pendidikan seni rupa.

Wijayanto, A. (2021). Implementation and problematic independent study. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/yshk6


Article Metrics

 Abstract Views : 8 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.