Pelaksanaan Pembelajaran Seni Kolase Dua Dimensi Menggunakan Limbah Plastik dan Kertas di SMA Negeri 7 Pekanbaru

Devana Vionita Pratiwi(1), Nurmalinda Nurmalinda(2),
(1) Universitas Islam Riau  Indonesia
(2) Universitas Islam Riau  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i2.128298

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran seni kolase dua dimensi menggunakan limbah plastik&kertas di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Pendekatan yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan deskriptif data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Pekanbaru yaitu siswa kelas XI.7. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dideskripsikan dalam hasil penelitian. Pelaksanaan pembelajarannya sudah berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat dalam RPP. Materi yang akan dipelajari dalam RPP yakni berkarya seni rupa. Dalam proses pembelajaran siswa diminta untuk berdiskusi mengenai materi dan dilanjutkan dengan membuat karya kolase. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran ini telah berjalan dengan baik. Penilaian dilakukan guru di akhir pembelajaran dengan tujuan agar peserta didik memahami materi dengan lebih baik.


References


Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646

Anggraeni Nisfi, S., Mulyana Hendri, E., & Giyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kolase Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 10–21.

Destiana, D. (2018). KREASI KOLASE Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 80–89. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10501

Insani, Parrhesia; Putra, I. E. D. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Menggnakan Pembelajaran Daring di SMA Negeri 3 Padang Panjang. 20, 1–23.

Kemendikbud. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 4(1), 147–173.

Kurniati, F. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Etika Dan Profesi Pendidikan Di Program Studi Pendidikan Sendratasik Universitas Islam Riau. Jurnal KOBA, 10(2), 39–48.

Nisa, K. (2021). Implementasi penggunaan kolase dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini. Jurnal Paradigma, 12(01), 138–151.

Nurmalinda, & Indriani, F. (2016). Fungsi dan unsur-unsur musik madihin di kecamatan tembilahan kabupaten indragiri hilir. Jurnal KOBA, 3(2), 1–13. https://journal.uir.ac.id/index.php/koba/article/view/1348/844

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Syahputra, J., & Ibrahim, A. (2020). Seni Kolase Karya Siswa Kelas X Mia 2 Sma Al-Fityan School Medan Dengan Objek Buah. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(2), 336. https://doi.org/10.24114/gr.v9i2.20358

Widyastono, H. (2007). 349-1114-1-PB (1)_SzRGFC. In Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Vol. No. 069 (pp. 1041–1054).


Article Metrics

 Abstract Views : 64 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.