The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran seni kolase dua dimensi menggunakan limbah plastik&kertas di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Pendekatan yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan deskriptif data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Pekanbaru yaitu siswa kelas XI.7. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dideskripsikan dalam hasil penelitian. Pelaksanaan pembelajarannya sudah berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat dalam RPP. Materi yang akan dipelajari dalam RPP yakni berkarya seni rupa. Dalam proses pembelajaran siswa diminta untuk berdiskusi mengenai materi dan dilanjutkan dengan membuat karya kolase. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran ini telah berjalan dengan baik. Penilaian dilakukan guru di akhir pembelajaran dengan tujuan agar peserta didik memahami materi dengan lebih baik.