PARADIGMA, KONSEP DAN ESENSI PENDIDIKAN SENI KALIGRAFI ISLAM

Hadi Alhail(1), Wadiyo Wadiyo(2), Syahrul Syah Sinaga(3),
(1) Universitas Negeri Semarang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i1.126186

Full Text:    Language : id

Abstract


Pemahaman tentang pendidikan seni kerap menjadi bias karena berlimpahnya pendapat yang naratif. Namun tidak bersifat fundamental, sehingga berdampak pada pengajaran dan hasil karya seni dengan berbagai jenis penerobosan. Urgensi terbesarnya adalah esensi dari pendidikan seni kaligrafi Islam tidak lagi tampak. Penting dilakukan penelitian ini untuk melakukan generalisasi paradigma untuk menemukan esensi dasar dari pendidikan seni kaligrafi Islam yang menjadi indikator atau parameter dalam membuat keputusan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada di dua wilayah yakni kota Medan, Sumatera Utara dan Sukabumi, Jawa Barat. Purposive sampling digunakan pada pemilihan sampel, karena dapat membuat kesetaraan gagasan walau memiliki lintas demografi, sehingga jawaban yang diberikan dari para responden dapat dianalisis dan dijadikan kesimpulan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 partisipan. Teknik yang digunakan wawancara tidak terstruktur dan observasi. Prosedur analisis ditempuh melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi data dengan model analisis siklus interaktif. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan kerangka berpikir dari setiap pendidik seni kaligrafi Islam. Berdasarkan konseptual ditemukan kesamaan pendapat yang sering sekali dipertegas sehingga menjadi esensi dasar dari pendidikan seni kaligrafi Islam yaitu: (1) pembelajaran tulisan indah Arab (kaligrafi Islam), (2) nilai-nilai keislaman, dan (3) dakwah.


References


Kristanto, Alfa. 2017. Memahami Paradigma Pendidikan Seni. Jurnal:Abdiel.

Miles, H B., & Heberman A M. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan: Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Read, H. 1958. Education Through Art. London: Faber and Faber.

Sirojuddin, D. 2016. Seni Kaligrafi Islam. Jakarta: Amzah.

Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni dari Konsep sampai Program. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 91 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.