The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Pemahaman tentang pendidikan seni kerap menjadi bias karena berlimpahnya pendapat yang naratif. Namun tidak bersifat fundamental, sehingga berdampak pada pengajaran dan hasil karya seni dengan berbagai jenis penerobosan. Urgensi terbesarnya adalah esensi dari pendidikan seni kaligrafi Islam tidak lagi tampak. Penting dilakukan penelitian ini untuk melakukan generalisasi paradigma untuk menemukan esensi dasar dari pendidikan seni kaligrafi Islam yang menjadi indikator atau parameter dalam membuat keputusan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada di dua wilayah yakni kota Medan, Sumatera Utara dan Sukabumi, Jawa Barat. Purposive sampling digunakan pada pemilihan sampel, karena dapat membuat kesetaraan gagasan walau memiliki lintas demografi, sehingga jawaban yang diberikan dari para responden dapat dianalisis dan dijadikan kesimpulan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 partisipan. Teknik yang digunakan wawancara tidak terstruktur dan observasi. Prosedur analisis ditempuh melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi data dengan model analisis siklus interaktif. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan kerangka berpikir dari setiap pendidik seni kaligrafi Islam. Berdasarkan konseptual ditemukan kesamaan pendapat yang sering sekali dipertegas sehingga menjadi esensi dasar dari pendidikan seni kaligrafi Islam yaitu: (1) pembelajaran tulisan indah Arab (kaligrafi Islam), (2) nilai-nilai keislaman, dan (3) dakwah.