STUDI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU SENI BUDAYA DI SMP N 39 PADANG

Yopy Hidayat(1), Yofita Sandra(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i2.126139

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan guru seni budaya di SMP N 39 dalam melakukan atau membuat media pembelajaran yang bersifat elektronik. Begitu juga disebabkan oleh fasilitas  media pembelajaran di sekolah yang kurang memadai, sehingga guru lebih memilih media  secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Inovasi media pembelajaran oleh guru Seni Budaya di SMP N 39 Padang dilihat dari pendekatan: (1) Pengetahuan. Pengetahuan Guru Seni Budaya di SMP N 39 melakukan inovasi media pembelajaran video youtube, slide gambar, dengan memanfaatkan smartphone  siswa kemudian membagikan ke media sosial WhatsApp grup, kemudian  guru mengajak siswa berdiskusi atau memanggil nama siswa yang kurang aktif agar kembali memfokuskan diri mereka kepada pembelajaran yang dilakukan. (2) Persuasi. Siswa  dan guru menyetujui dengan adanya inovasi media pembelajaran seni budaya. Dalam penggunaan media pembelajaran tersebut guru membagikan ke media sosial  WhatsApp grup siswa, sehingga siswa bisa langsung memahami materi yang diajarkan. (3) Keputusan. Berkembangnya  ilmu pengetahuan dan teknologi  guru Seni budaya di SMP N 39 Padang mengambil keputusan yang tepat dengan memanfaatkan smartphone siswa sebagai alat menyampaikan materi pembelajaran sebagai Inovasi  media pembelajaran. (4) Pelaksanaan. Penggunaan media pembelajaran dilakukan pada saat pembelajaran di mulai untuk menunjang pelaksanaan proses belajar, karena dengan inovasi media pembelajaran dapat meningkatkan daya serap, dan pemaaman dari peserta didik atas materi yang diajarkan.


References


Bungin Burhan. 2007. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus Teknologi Komunikasi Dimasyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Bakhri, S., Dyatmika, T., & Kamal, M. R. (2020). Pengaruh Kemampuan Menggunakan Teknologi Komunikasi, Sosialisasi Media Pembelajaran Online, Dukungan Keluarga dan Pengajar Terhadap Keaktifan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Mediakita, 4(1), 19-36.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.

Khumaidah & Nu’man. (2020). Inovasi Media Pembelajaran seni budaya Pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol.4 No.1 Januari 2020

Muklis, M., Prasetya, F., Ambiyar, A., & Sari, D. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(3), 37-42.

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50.

Nurdyansyah. 2019. Media Pembelajaran Onovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Aidawati, L., Partikasari, R., Sembiring, L. T. A., & Nita, A. (2021). PERSEPSI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 (Deskriftif Kualitatif di Gugus Cempaka Kota Bengkulu). Early Childhood Research and Practice, 2(01), 01-04.

Sugatri Martini. 2021. Peranan Siniar sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di Masa Pandemi.Jurnal Karya Ilmiah Guru.Vol. 6, No.1, Januari 2021.p-ISSN 2527-5712 ; e-ISSN 2722-2195.

Widaswara, R. Y., & Pramana, I. B. K. Y. (2022). Difusi Inovasi dan Adopsi Media Sosial Sebagai Media Komunikasi di Era Pembelajaran Daring. Communicare, 3(1), 21-30.

Yuwita, N., Aminudin, A., & Setiadi, G. (2019). Difusi Inovasi Dalam Media Pembelajaran Interaktif Teks Fantasi Menggunakan Aplikasi Adobe Animate Creative Cloud. Jurnal Heritage, 7(2), 46-67.

Yusmawati, Taufik Rihatno, and Rismawanti. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Melempar Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Iii Sdn 03 Jelambar Baru Jakarta Barat.” Jurnal SEGAR 8(2):80–89.


Article Metrics

 Abstract Views : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.