The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan guru seni budaya di SMP N 39 dalam melakukan atau membuat media pembelajaran yang bersifat elektronik. Begitu juga disebabkan oleh fasilitas  media pembelajaran di sekolah yang kurang memadai, sehingga guru lebih memilih media  secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Inovasi media pembelajaran oleh guru Seni Budaya di SMP N 39 Padang dilihat dari pendekatan: (1) Pengetahuan. Pengetahuan Guru Seni Budaya di SMP N 39 melakukan inovasi media pembelajaran video youtube, slide gambar, dengan memanfaatkan smartphone  siswa kemudian membagikan ke media sosial WhatsApp grup, kemudian  guru mengajak siswa berdiskusi atau memanggil nama siswa yang kurang aktif agar kembali memfokuskan diri mereka kepada pembelajaran yang dilakukan. (2) Persuasi. Siswa  dan guru menyetujui dengan adanya inovasi media pembelajaran seni budaya. Dalam penggunaan media pembelajaran tersebut guru membagikan ke media sosial  WhatsApp grup siswa, sehingga siswa bisa langsung memahami materi yang diajarkan. (3) Keputusan. Berkembangnya  ilmu pengetahuan dan teknologi  guru Seni budaya di SMP N 39 Padang mengambil keputusan yang tepat dengan memanfaatkan smartphone siswa sebagai alat menyampaikan materi pembelajaran sebagai Inovasi  media pembelajaran. (4) Pelaksanaan. Penggunaan media pembelajaran dilakukan pada saat pembelajaran di mulai untuk menunjang pelaksanaan proses belajar, karena dengan inovasi media pembelajaran dapat meningkatkan daya serap, dan pemaaman dari peserta didik atas materi yang diajarkan.