Lasuang Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Ukir Kayu

M iqbal falah(1), irwan irwan(2),
(1) universitas negeri padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v13i1.125783

Full Text:    Language : id

Abstract


Penciptaan karya akhir ini bertujuan untuk mengenalkan kembali bentuk lasuang sebagai alat panen tradisional pada masa lalu dengan fungsi yang berbeda dengan penerapan motif ukir Minangkabau dalam penciptaan karya seni ukir meja kayu. Metode yang diterapkan dalam pembuuatan karya akhir ini melalui beberapa tahapan yaitu: (1). Tahap Persiapan, (2). Tahap Elaborasi, (3). Tahap Sintesis, (4). Tahap Realisasi Konsep, dan (5). Tahap penyelesaian. Hasil dari pembahasan merupakan hasil dari pengamatan dan pengalaman penulis terutama dalam perkembangan lasuang di Sumatera Barat dan bidang seni ukir kayu dengan menerapkan motif ukiran Minangkabau seperti Saik Ajik Babungo, Kaluak Paku, Ula Gerang 1, Babungo Taratai Dalam Aia, Siriah Naiak 1, Siriah Naiak 2, dan Bungo Anau. Yang kemudian penulis visualisasikan ke dalam sebuah karya meja ukir kayu. Dalam perwujudan karya disini penulis mengambil bentuk lasuang sebagai penumbuk biji-bijian menjadi meja ukir kayu yang lebih berguna pada masa kini dan mengenalkan kembali bentuk lasuang dengan fungsi yang berbeda. Dengan melalui proses yang panjang dalam pencarian ide, pengalaman, pemikiran, sampai dengan pengamatan terwujudlah tujuh karya yang berjudul: (1) Meja Tamu Lasuang Saik Ajik Babungo; (2) Meja Tamu Lasuang Kaluak Paku;(3) Meja Tamu Lasuang Ula Gerang 1; (4) Meja Tamu Lasuang Babungo Taratai Dalam Aia; (5) Meja Sudut Lasuang Siriah Naiak 1; (6) Meja Sudut Lasuang Siriah Naiak 2; dan (7) Meja Sudut Lasuang Bungo Anau

Kata Kunci: Lasuang, Ukir Kayu, Motif Minangkabau


References


Efrizal, Drs. (1999). Kerajinan ukir. Padang: DIP Proyek Universitas Negeri Padang.

Emri, E. (2016). Lasuang Sebagai Sumber Penciptaan Tari Modern Lasuang Tatingga Di Sumatera Barat. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni.

Fitriani, F. (2020). Peran Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan pendapatan Kriya Kayu ditinjau dari perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Wonosari Kecamatan Pangkalan Kabupaten Lampung Timur).

Lesung (Def.1) (n.d). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI V) Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/lesung.

Kusumo, J. (2008). Lestarikan Budayo Lokal, Kupas Filosofi Lesung. https://indonesianic. Muwarti, E. S., & Masiswo, M.(2016). Rekayasa Pengembangan Desain Motif Batik Khas Melayu.

Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah.

Pribadi. Y. (2017). Janin Sebagai Inspirasi dalam Karya Seni Kriya Ukir Kayu. Jurnal Seni Rupa.

Saydam, Gouzali (1962). Kamus Lengkap Bahasa Minang (Indonesia-Minang)


Article Metrics

 Abstract Views : 72 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.