The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penciptaan karya akhir ini bertujuan untuk mengenalkan kembali bentuk lasuang sebagai alat panen tradisional pada masa lalu dengan fungsi yang berbeda dengan penerapan motif ukir Minangkabau dalam penciptaan karya seni ukir meja kayu. Metode yang diterapkan dalam pembuuatan karya akhir ini melalui beberapa tahapan yaitu: (1). Tahap Persiapan, (2). Tahap Elaborasi, (3). Tahap Sintesis, (4). Tahap Realisasi Konsep, dan (5). Tahap penyelesaian. Hasil dari pembahasan merupakan hasil dari pengamatan dan pengalaman penulis terutama dalam perkembangan lasuang di Sumatera Barat dan bidang seni ukir kayu dengan menerapkan motif ukiran Minangkabau seperti Saik Ajik Babungo, Kaluak Paku, Ula Gerang 1, Babungo Taratai Dalam Aia, Siriah Naiak 1, Siriah Naiak 2, dan Bungo Anau. Yang kemudian penulis visualisasikan ke dalam sebuah karya meja ukir kayu. Dalam perwujudan karya disini penulis mengambil bentuk lasuang sebagai penumbuk biji-bijian menjadi meja ukir kayu yang lebih berguna pada masa kini dan mengenalkan kembali bentuk lasuang dengan fungsi yang berbeda. Dengan melalui proses yang panjang dalam pencarian ide, pengalaman, pemikiran, sampai dengan pengamatan terwujudlah tujuh karya yang berjudul: (1) Meja Tamu Lasuang Saik Ajik Babungo; (2) Meja Tamu Lasuang Kaluak Paku;(3) Meja Tamu Lasuang Ula Gerang 1; (4) Meja Tamu Lasuang Babungo Taratai Dalam Aia; (5) Meja Sudut Lasuang Siriah Naiak 1; (6) Meja Sudut Lasuang Siriah Naiak 2; dan (7) Meja Sudut Lasuang Bungo Anau

Kata Kunci: Lasuang, Ukir Kayu, Motif Minangkabau