Penciptaan Cermin Hias Kriya Ukir Kayu Berbasis Motif Melayu

Jumaidah Jumaidah(1), Sri Wiratma(2),
(1) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(2) Universitas Negeri Medan  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v12i4.125478

Full Text:    Language : en

Abstract


Penciptaan cermin hias kriya ukir kayu ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penciptaan cermin hias kriya ukir kayu berbasis motif Melayu. Penciptaan cermin hias kriya kayu ini menerapkan motif-motif Melayu dikarenakan banyaknya masyarakat yang tidak mengenal motif Melayu. Penciptaan cermin hias kriya ukir kayu berbasis motif Melayu ini menggunakan metode penciptaan karya seni menurut Gustami yang terdapat tiga tahap penciptaan yaitu tahap eksplorasi, perancangan dan perwujudan. tahap eksplorasi adalah penjelajahan menggali sumber ide, perancangan adalah memvisualisasikan hasil dari penjelajahan atau analisa data kedalam berbagai alternatif desain, dan perwujudan adalah mewujudkan rancangan terpilih. Karya cermin hias kriya ukir kayu berbasis motif Melayu ini diciptakan sebanyak 10 karya. Motif-motif Melayu yang diterapkan pada karya cermin hias ukir kayu ini adalah bunga melati, bintang-bintang, pelana kuda kencana, bunga kiambang, bunga cengkih, kaluk pakis dan bunga hutan. teknik yang digunakan dalam penciptaan cermin hias kriya ukir kayu ini adalah teknik ukir tembus/krawang, teknik ukir datar dan teknik ukir tinggi/dalam.

 

Kata kunci : Penciptaan, Ukir Kayu, Motif Melayu


References


Atmojo, W.T. (2013). Penciptaan Batik Melayu Sumatera Utara. Jurnal Seni dan Budaya Panggung, 23(01), 90-97.

Azima, Nishfa Syahira. 2021. Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5, No 3, h 7491-7496.

Karmadi, A.D., dan Kartadarmadja, M.S. (1985). Sejarah Perkembangan Seni Ukir di Jepara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Soepratno. (1983). Ornamen Ukir Kayu Tradisional Jawa. Semarang: PT Effhar Semarang.

Suparta, I.M. (2021). Motif Kuta Mesir Dalam Penciptaan Produk Kriya Kayu Studio Tatto. Jurnal Kriya dan Industri Kreatif, 1(2), 109-115.


Article Metrics

 Abstract Views : 92 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.