The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penciptaan cermin hias kriya ukir kayu ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penciptaan cermin hias kriya ukir kayu berbasis motif Melayu. Penciptaan cermin hias kriya kayu ini menerapkan motif-motif Melayu dikarenakan banyaknya masyarakat yang tidak mengenal motif Melayu. Penciptaan cermin hias kriya ukir kayu berbasis motif Melayu ini menggunakan metode penciptaan karya seni menurut Gustami yang terdapat tiga tahap penciptaan yaitu tahap eksplorasi, perancangan dan perwujudan. tahap eksplorasi adalah penjelajahan menggali sumber ide, perancangan adalah memvisualisasikan hasil dari penjelajahan atau analisa data kedalam berbagai alternatif desain, dan perwujudan adalah mewujudkan rancangan terpilih. Karya cermin hias kriya ukir kayu berbasis motif Melayu ini diciptakan sebanyak 10 karya. Motif-motif Melayu yang diterapkan pada karya cermin hias ukir kayu ini adalah bunga melati, bintang-bintang, pelana kuda kencana, bunga kiambang, bunga cengkih, kaluk pakis dan bunga hutan. teknik yang digunakan dalam penciptaan cermin hias kriya ukir kayu ini adalah teknik ukir tembus/krawang, teknik ukir datar dan teknik ukir tinggi/dalam.

 

Kata kunci : Penciptaan, Ukir Kayu, Motif Melayu