Kantong Semar Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis Realis Kontemporer

Haris Pratama(1), Mediagus Mediagus(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v12i3.122107

Full Text:    Language : id

Abstract


Penciptaan karya akhir ini bertujuan untuk memvisualisasikan tumbuhan kantong semar yang penulis kaitkan dengan sifat dan prilaku manusia baik yang baik maupun yang buruk dalam penciptaan karya seni lukis realis kontemporer. Metode yang diterapkan dalam pembuuatan karya akhir ini adalah metode professional, yaitu peneliti menawarkan alternatif karya maupun pemahaman seni yang sudah ada yang mampu memberikan pengalaman baru bagi pembaca. Hasil dari pembahasan yaitu konsep karya yang berkaitan dengan sifat dan perilaku manusia. Dalam perwujudan karya ini, ide tersebut berangkat dari pengalaman dan analisis penulis tentang berbagai sifat manusia yang penulis temukan di lingkungan sekitar, ada berbagai sifat manusia, baik itu yang positif maupun yang negatif penulis temukan di lingkungan penulis sendiri. Yang nantinya dimetaforkan dalam wujud tumbuhan kantong semar dan dengan penambahan simbol atau objek pendukung sesuai dengan pesan yang ingin penulis sampaikan. Sehingga terwujudkan sepuluh karya yang berjudul: “Sabar”, “Sombong”, “Rakus”, “Pantang Menyerah”, “Terbuka”, “Cerdik”, “Mandiri”, Menarik Perhatian”, “Optimis”, dan “Gengsi”.


References


Hidayati, Nisa. 2020. Kantong Semar Tumbuhan Unik Pemakan Serangga. Diambil dari : http://ksdae.menlhk.go.id/info/7502/kantong-semar,-tumbuhan-unik-pemakan-serangga.html

Ikbal, 2020. Studi Keanekaragaman Kantong Semar (Nepenthes sp.) dan Identifikasi Serangga Yang Terperangkap Di Dalamnya Di Kawasan Bumi Perkemahan Sarabu Palangka Raya. (Skripsi). IAIN Palangka Raya.

Kartika, Dharsono Sony. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Khairil, M. Dewantara, Iswan. Widiastuti, Tri. 2015. Studi Keanekaragaman Jenis Kantong Semar (Nepenthes SP) di Kawasan Hutan Bukit Beluan Kecamatan Hulu Gurung. Vol. 3(2). Nomor 259. Diambil dari: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmfkh/article/view/10389. (7 September 2022).

Kurniawan, Wahyu. 2015. Potret Pedagang Keliling Dalam Karya Lukis Realis Kontemporer. (Skripsi). Padang: UNP.

Lantowa, Jafar dkk. 2017. Seimotika Teori, Metode, Dan Penerapannya Dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mansur, M. 2006. Nepenthes (Kantong Semar Yang Unik). Jakarta.

Mediagus, 2018. MOSDA Hafiz, MP Mediagus - Serupa The Journal of Art …, 2018 - ejournal.unp.ac.id

Puspitasari, Ratna. 2017. Manusia Sebagai Mahluk Sosial. (Bahan Ajar).

QURNIATY, A. A., % Sami, Y. 2019. MANGGIS DALAM LUKISAN REALIS KONTEMPORER. Serupa The Journal Of Art Education, 7(3).

Radityatama, A. 2017. SIFAT MANUSIA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL SEBAGAI INSPIRASI BERKARYA SENI LOWBROW (doctoral dissertation, Universitas Negeri semarang).

Rizma, Zulfa Rahmi. 2021. Pohon Pisang Dalam Karya Seni Lukis Realis Kontemporer. (Skripsi). Padang: UNP.

Salmiyati. 2019. Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Kantong Semar (Nepenthes sp.) Di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. (Skripsi). Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Soetjipto, Katjik. 1998. “ Sejarah Perkembangan Seni Lukis Modren”. Jakarta : MENDIKBUD, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Susanto, Mikke. 2011. Diksi Seni Rupa: Kumpulan Istilah & Gerakan Seni Rupa. Yogyakarta: DictiArt Lab & Djagad Art House.

Thabroni, Gamal. 2022. Semiotika- Komunikasi Tanpa Kata, Pengertian Simbol Dan Tanda-tanda. Diambil dari https://serupa.id/semiotika-pengertian-simbol-dan-tanda-tanda/. (2 Agustus 2022).

Violleta, Prisca Triferna. 2020. Pakar: Konservasi Serius Perlu Untuk Kantong Semar Endemik Indonesia. Diambil dari https://m.antaranews.com/berita/1523588/pakar-konservasi-serius-perlu-untuk-kantong-semar-endemik-indonesia. (2 Agustus 2022).


Article Metrics

 Abstract Views : 82 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.