The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penciptaan karya akhir ini bertujuan untuk memvisualisasikan tumbuhan kantong semar yang penulis kaitkan dengan sifat dan prilaku manusia baik yang baik maupun yang buruk dalam penciptaan karya seni lukis realis kontemporer. Metode yang diterapkan dalam pembuuatan karya akhir ini adalah metode professional, yaitu peneliti menawarkan alternatif karya maupun pemahaman seni yang sudah ada yang mampu memberikan pengalaman baru bagi pembaca. Hasil dari pembahasan yaitu konsep karya yang berkaitan dengan sifat dan perilaku manusia. Dalam perwujudan karya ini, ide tersebut berangkat dari pengalaman dan analisis penulis tentang berbagai sifat manusia yang penulis temukan di lingkungan sekitar, ada berbagai sifat manusia, baik itu yang positif maupun yang negatif penulis temukan di lingkungan penulis sendiri. Yang nantinya dimetaforkan dalam wujud tumbuhan kantong semar dan dengan penambahan simbol atau objek pendukung sesuai dengan pesan yang ingin penulis sampaikan. Sehingga terwujudkan sepuluh karya yang berjudul: “Sabar”, “Sombong”, “Rakus”, “Pantang Menyerah”, “Terbuka”, “Cerdik”, “Mandiri”, Menarik Perhatian”, “Optimis”, dan “Gengsi”.