HUBUNGAN AKTIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA SMP NEGERI 1 TIGO LURAH KABUPATEN SOLOK

Putri Pratiwi(1), Yusron Wikarya(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/stjae.v12i2.121592

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui hubungan aktivitas belajar serta hasil belajar seni rupa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah. 2) Mengetahui hubungan minat belajar serta hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah. Mengetahui hubungan aktivitas serta minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar seni rupa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah. Jenis penelitian yaitu kuantitatif ex-post facto. Metode digunakan dalam pnelitian ini metode korelasional. Sampel penelitian 61 siswa dengan teknik purposive sampling. Instrument dalam penelitian adalah angket serta untuk teknik analisis menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian hubungan aktivitas dan minat belajar seni rupa siswa kelas VIII SMP 1 Tigo Lurah dapat disimpulkan : 1) Terdapat hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang signifikan dengan diperoleh skor 0,776 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat hubungan positif yang kuat antara aktivitas belajar dengan hasil belajar. 2) Terdapat hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang signifikan diperoleh skor 0,748 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat hubungan positif yang kuat antara minat belajar dengan hasil belajar. 3) Terdapat hubungan aktivitas serta minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar seni rupa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang signifikan dengan skorĀ  0,759 seta nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat hubungan positif yang kuat antara aktivitas serta minat secara bersama-sama dengan hasil belajar.

Kata kunci : minat, aktivitas belajar, hasil belajar, seni rupa


References


Arikunto, Suharmini.2010. metodologi penelitian.Bandung:Alfabeta.

Hamalik, Oemar.2001.Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT. Bumi Akasara.

Khairani, makmun.2013.Spikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sadirman.2014. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto.2010.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi nya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.2010.Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syah. 2012. Spikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yani, Fitri Rahma, and M. Pd Yusron Wikarya. "HUBUNGAN MINAT BELAJAR PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR SENI RUPA DI SMPN 6 PADANG." Serupa The Journal of Art Education 9.3 (2021).

Syawalina, Siti, M. Pd Zubaidah, and M. Pd Yusron Wikarya. "Penerapan Strategi Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa di Kelas VII 6 SMP Negeri 26 Padang." Serupa The Journal of Art Education 5.2 (2017).


Article Metrics

 Abstract Views : 96 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.