The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui hubungan aktivitas belajar serta hasil belajar seni rupa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah. 2) Mengetahui hubungan minat belajar serta hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah. Mengetahui hubungan aktivitas serta minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar seni rupa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah. Jenis penelitian yaitu kuantitatif ex-post facto. Metode digunakan dalam pnelitian ini metode korelasional. Sampel penelitian 61 siswa dengan teknik purposive sampling. Instrument dalam penelitian adalah angket serta untuk teknik analisis menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian hubungan aktivitas dan minat belajar seni rupa siswa kelas VIII SMP 1 Tigo Lurah dapat disimpulkan : 1) Terdapat hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang signifikan dengan diperoleh skor 0,776 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat hubungan positif yang kuat antara aktivitas belajar dengan hasil belajar. 2) Terdapat hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang signifikan diperoleh skor 0,748 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat hubungan positif yang kuat antara minat belajar dengan hasil belajar. 3) Terdapat hubungan aktivitas serta minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar seni rupa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang signifikan dengan skorĀ  0,759 seta nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat hubungan positif yang kuat antara aktivitas serta minat secara bersama-sama dengan hasil belajar.

Kata kunci : minat, aktivitas belajar, hasil belajar, seni rupa