Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1 Talamau

Isra Hanifa(1), Fuji Astuti(2),
(1) Prodi Pendidikan Sendratasik, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Tari, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Isra Hanifa, Fuji Astuti

DOI : https://doi.org/10.24036/js.v11i3.117813

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitianainiabertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar menggunakan multimedia interaktif dengan media konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau. Jenis PeneIitian ini adalah peneIitianakuantitatif. PopulasiApenelitianAini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau. Sampel dari penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (VIII 3A) dan kelas kontrol (VIII 2B) ditentukan dengan cara representative (mewakili). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes (soal objektif). Sebelum data di analisis terlebih dahulu dilakukanauji persyaratanaanalisis data berupa uji normaIitas dan uji homogenitas. HasiI peneIitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang  signifikan  dalam penggunaan multimedia interaktif terhadap  hasil  belajar  seni budaya siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau dengan nilai thitung > ttabel (1,86>1,67). Dengan kata Iain penggunaan multimedia interaktif  berpengaruh terhadap hasiI beIajar seni budaya siswa keIas VIII SMP N 1 Talamau. Demikian juga haInya dapat dibuktikan dengan perbedaan hasil nilai rata-rata siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau menggunakan multimedia interaktif dengan media konvensional dengan niIai rata-rata kelas eksperimen 81,43 dan kelas kontroI 74,64.  Untuk itu agar hasiI belajar seni budaya  Iebih baik, makaApenggunaan multimedia interaktif harus ditingkatkan.


Keywords


Multimedia Interaktif; Seni Budaya; HasiI Belajar

References


Amaliah. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Pada Materi Seni Merangkai Bunga Menggunakan Metode Demonstrasi (Ptk Di Kelas V SD N Pagedongan Kec. Boros Kap. Serang). Diakses Dari Repository.Uin.Banten.Ac.Id.

Antika Sari, Maharani. (2021). Penerapan Pembelajaran Tari Dengan Metode Demonstrasi Menggunakan Media Aplikasi Whatsaap Di SMA Negri 7 Padang. E-Jurnal Sendratasik UNP. Vol. 10.1

Ariani, R. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Pendidikan Dalam Mengembangkan Multimedia Interaktif: Jurnal Penelitian Fisika. Vol.5.155.

Ashar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Astuti, F. (2011). Makna Simbolis Sumbang Duo Baleh dalam Seni Pertunjukan Wanita Minangkabau. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 12(2).

Budi Sutedjo Dharma Oetomo. (2002). e-Education. Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Crandell, C. C., Smaldino, J. J., & Flexer, C. A. (2005). Sound field amplification: Applications to speech perception and classroom acoustics. Singular.

Gunawan, Dkk. (2015). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. Vol. 1. 10.

Husein Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Pernanda, Putri. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Tari Siswa Di SMA N 1 Tanjung Mutiara. E-Jurnal Sendratasik UNP. Vol.10.1.

Suarty, Yulia. (2019). Penggunaan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Taridi SMP Negri 15 Padang. E-Jurnal Sendratasik UNP. Vol. 7.3

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 346 times
 PDF Downloaded : 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Isra Hanifa, Fuji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.