The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitianainiabertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar menggunakan multimedia interaktif dengan media konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau. Jenis PeneIitian ini adalah peneIitianakuantitatif. PopulasiApenelitianAini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau. Sampel dari penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (VIII 3A) dan kelas kontrol (VIII 2B) ditentukan dengan cara representative (mewakili). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes (soal objektif). Sebelum data di analisis terlebih dahulu dilakukanauji persyaratanaanalisis data berupa uji normaIitas dan uji homogenitas. HasiI peneIitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang  signifikan  dalam penggunaan multimedia interaktif terhadap  hasil  belajar  seni budaya siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau dengan nilai thitung > ttabel (1,86>1,67). Dengan kata Iain penggunaan multimedia interaktif  berpengaruh terhadap hasiI beIajar seni budaya siswa keIas VIII SMP N 1 Talamau. Demikian juga haInya dapat dibuktikan dengan perbedaan hasil nilai rata-rata siswa kelas VIII SMP N 1 Talamau menggunakan multimedia interaktif dengan media konvensional dengan niIai rata-rata kelas eksperimen 81,43 dan kelas kontroI 74,64.  Untuk itu agar hasiI belajar seni budaya  Iebih baik, makaApenggunaan multimedia interaktif harus ditingkatkan.


Keywords


Multimedia Interaktif; Seni Budaya; HasiI Belajar