STUDENTS’ LANGUAGE USE AND RESPONSE IN CLASSROOM PRESENTATION (A STUDY AT CROSS-CULTURAL UNDERSTANDING CLASS OF ENGLISH DEPARTMENT IN STKIP PGRI WEST SUMATERA)

Yelliza Yelliza

Abstract


Tulisan ini menjelaskan bahasa yang digunakan serta jenis respon yang disampaikan oleh mahasiswa dalam berkomunikasi di lokal saat persentasi terjadi. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat di kelas Cross-Cultural Understanding (CCU ). Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan pengamatan dengan merekam proses belajar mengajar yang dilakukan di kelas CCU. Kemudian, peneliti mendapatkan beberapa data dari pengamatan yang telah dilakukan. Dalam mengkomunikasikan materi presentasi pada umumnya disampaikan secara lisan dengan bantuan powerpoint. Penulis menemukan siswa cenderung menggunakan bahasa buku dan internet tanpa menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri, peneliti juga menemukan respon yang berbeda-beda saat persentasi. Mahasiswa merespon dengan menggunakan confrimation dan disconfirmation response terhadap materi persentasi yang disajikan. Di dalam confirmation mahasiswa merespon dengan cara  direct acknowledgement, positive feeling, clarifying and agreeing response. Selanjutnya siswa merespon dengan cara impervious, irrelevant, interrupting, incoherent, and incongruous response untuk tipe disconfirmation.Namun, respon yang banyak dilakukan mahasiswa adalah disconfirmation response. Dengan temuan ini, peneliti menyarankan kepada setiap dosen dan guru yang mengajar dengan sistem membagi siswa dalam beberapa kelompok tidak hanya memberikan tugas membuat powerpoint pada kelompok yang akan tampil. Singkatnya, setiap kelompok membuat powerpoint dan siap tampil sebab kelompok yang tampil dilot sesaat sebelum kelas persentasi dimulai. 


Keywords


Language use, response

Full Text:

PDF

References


Behrens. J Susan (2014).Understanding Language Use in the Classroom. England: British Library Cataloguing in Publication.

Govier, Trudy. 2012. A Practical Study of Argument. 7^thed. New York: Course Mate.

Hougaard and Todd. Mental Spaces in Discourse and Interactioen. Amsterdam: John Benjamin.

Kolby, Jeff and Scott Thornburg. 2010. Graduate Record Examination (GRE): Prep Course. Los Angeles: Nova Press.

Mayberry, Katherine. 2009. Everyday Argument: A Guide to Writing and Reading Effectice Argument.3^rded. Boston: Houghton Mifflin Company.

Nunan, David. 2003. Practical English Language Teaching. New York: The McGraw.

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi : Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Richards, Jack C. 2001. Approach and Methods in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Simmon. 2011. Confirmation and Disconfirmation in Communication. Gonzaga:Longman

Tubbs Stewart L and Sylvia Moss. 2008. Human Communication. Bandung: Remaja Rosdakarya .

Woods, John, Andrew Irvine and Douglas Walton. 2004. Argument: Critical Thinking, Logic and the Fallacies. Canada: Pearson and Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

This Proceedings is Currently indexed by:

Google Scholar.

The Proceedings of International Seminar on English Language and Teaching is registered at LIPI