Improving Students’ Speaking Skill of Descriptive Text by Using Three-Step Interview Technique at Grade VIII.B of SMP N 2 Sarolangun

Yahfenel Evi Fussalam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara menggunakan tehnik wawancara tiga langkah. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus  dan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII.B SMPN 2 Sarolangun dan melibatkan 27 orang siswa semester satu tahun akademik 2013-2014. Temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) tehnik wawancara tiga langkah berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam teks descriptif, dan (2) perubahan pemahaman kemampuan berbicara siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu (a) faktor internal di mana kemampuan berbicara siswa berubah disebabkan oleh motivasi dan kecemasan, dan (b) faktor eksternal yang meliputi materi pembelajaran, kegiatan kelas, pengelolaan kelas dan pendekatan guru. Dapat disimpulkan bahwa penerapan tehnik wawancara tiga langkah pada pengajaran berbicara teks descriptif dapat memberikan hasil yang signifikan pada peningkatan keterampilan berbicara mereka.  


Keywords


Speaking Skill, Descriptive Text, Three Step Interview

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education Inc.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

Fulwiler, Toby. 2002. College Writing A Personal Approach to Academic Writing. Porsmouth, NH: Heinemann.

Gay, L. R. & Araisan, P. 2009. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Goodwin, M.W. 1999. Cooperative Learning and Social Skills: What Skills to Teach and How to Teach Them. London: SAGE Publications Ltd.

Hammond, J. 1992. English for Social Purposes. National Centre for English Language Teaching and Research: Macquarie University Sydney.

Hughes, Arthur. 2003. Testing for Language Teacher. New York: Cambridge University Press.

Kagan, Spencer & Kagan, Miguel. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clamente: Kagan Publishing

Lipton, L, & Wellman, B. 1998. Patterns and practices in the learning-focused classroom. Guilford, Vermont: Pathways Publishing.

Nunan, David. 2003. Practical English language teaching. New York: McGraw-Hill Contemporary

O’Malley, J. Michael and L.V Pierece. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners. Boston: Addison – Wesley Publishing Company.

Richards, C. Jack & Rodgers S. Theodore. 2001. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang



This Proceedings is Currently indexed by:

Google Scholar.

The Proceedings of International Seminar on English Language and Teaching is registered at LIPI