Hubungan Learning Plateau dan Prestasi Belajar Dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VI yang Mengikuti Sekolah Malam
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negerp Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal RAP
DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v8i2.9223
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan learning plateau dan prestasi belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel kontrol pada siswa yang mengikuti sekolah malam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini 40 siswa kelas VI terdaftar pada tahun ajar 2016/2017. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisa data menggunakan Partial Correlation yang dibantu dengan menggunakan program statistik. Berdasarkan penelitian menggunakan teknik korelasi Partial diperoleh hasil (r) -0,323 dan p = 0,082 (p>0,05), sehingga terdapat hubungan negatif signifikan learning plateau dan prestasi belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel kontrol pada siswa kelas VI yang mengkuti sekolah malam.
Keywords
Learning plateau, prestasi belajar, motivasi belajar
Article Metrics
Abstract Views : 657 timesPDF Downloaded : 149 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal RAP