The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan learning plateau dan prestasi belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel kontrol pada siswa yang mengikuti sekolah malam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini 40 siswa kelas VI terdaftar pada tahun ajar 2016/2017. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisa data menggunakan Partial Correlation yang dibantu dengan menggunakan program statistik. Berdasarkan penelitian menggunakan teknik korelasi Partial diperoleh hasil (r) -0,323 dan p = 0,082 (p>0,05), sehingga terdapat hubungan negatif signifikan learning plateau dan prestasi belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel kontrol pada siswa kelas VI yang mengkuti sekolah malam.

Keywords


Learning plateau, prestasi belajar, motivasi belajar