PENGARUH BEBAN KERJA DAN KONFLIK PERAN GANDA TERHADAP STRES KERJA PADA GURU PEREMPUAN YANG SUDAH MENIKAH

Linda Aryani(1), Annisaa Silvia(2),
(1) Psychology Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau  Indonesia
(2) Psychology Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 linda aryani, Annisaa Silvia

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v15i1.127388

Full Text:    Language : en

Abstract


Bekerja sebagai guru sekaligus ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah dan penuh tantangan bagi seorang perempuan, Kondisi ini dapat menimbulkan gejala stres pada guru perempuan seperti kelelahan, pusing, mudah tersinggung, dan perasaan depresi. Faktor yang dapat menyebabkan terjadinya stres kerja adalah beban kerja dan konflik peran ganda. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beban kerja dan konflik peran ganda terhadap stres kerja pada guru perempuan yang sudah menikah. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru SMA perempuan di Kecamatan X yang berjumlah 142 orang dengan karakteristik sudah menikah dan mempunyai anak minimal 1 orang. Pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala stres kerja, skala beban kerja, dan skala konflik peran ganda. Dengan analisis regresi berganda, analisis data menunjukkan hasil koefisien korelasi sebesar 111,834 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara stres kerja guru perempuan yang sudah menikah ditinjau dari beban kerja dengan konflik peran ganda. Sumbangan efektif beban kerja dan konflik peran ganda terhadap stres kerja sebesar 61,1%, dengan rincian sumbangan efektif beban kerja dan konflik peran ganda sebesar 42,5% 19,2%. Terdapat perbedaan stres kerja pada guru perempuan yang sudah menikah, dilihat dari usia.


Keywords


Beban Kerja, Konflik Peran Ganda, Stres Kerja

References


Azkiyati, N. (2018). Hubungan Konflik Peran Ganda dan Manajemen Waktu dengan Stres Kerja Pada Wanita Menikah yang Berprofesi Sebagai Guru. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 9–16.

Budiman, B. (2018). Peranan Penerapan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru (Integrasi Psikologi Industri Dan Organisasi Islami). Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 74–81.

Demjaha, T., Bislimovska, J. K., & Mijakoski, D. (2015). Level of work related stress among teachers in elementary schools. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 3(3), 484–488.

Dhini Rama Dhania. (2010). Pengaruh Stres Kerja , Beban Kerja Terhadap Kepuasan( Studi Pada Medical Representatif Di Kota Kudus ). Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, I(1), 15–23.

Fatmawaty Mallapiang, Wardah, Nildawati, & Azriful. (2022). Pengaruh Peran Ganda Terhadap Kejadian Stres Kerja Pada Guru Wanita Selama Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sipakalebbi, 6(1), 38–51.

Fauziah, Z. F. (2020). Pengaruh Konflik Peran Ganda Dan Keseimbangan Kehidupan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pada Karyawati Tambang Batu Bara. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 255.

Greenhaus, J. H., & Beutell, N. J. (1985). Sources of Conflict between Work and Family Roles. The Academy of Management Review, 10(1), 76.

Izzati, U. A., & Prabandini Mulyana, O. (2019). Psikologi Industri & Organisasi. Bintang, 324.

Mangkunegara, A. A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan Emosi Guru, Stres Kerja, Dan Kinerja Guru Sma. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2), 144.

Markuwati, D., Rahardjo, P., & Setyawati, R. (2015). Konflik Peran Ganda Stres Kerja pada Anggota Polisi Wanita (polwan). Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 74–85.

Maziyya, A. A., Islam, N. R. Q., & Nisa, H. (2021). Hubungan Beban Kerja, Work-Family Conflict, dan Stres Kerja pada Pekerja di Wilayah Pulau Jawa Saat Pandemi COVID-19 di Tahun 2020. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 31(4), 337–346.

Munandar, A.S. (2014). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nafs, T. (2020). Pengaruh Beban Kerja terhadap Stres Kerja pada Guru Tahfidz di Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia. Acta Psychologia, 2(2), 199–208.

Nailah, Y. F., & Puspitadewi, N. W. S. (2022). Hubungan Konflik Peran Ganda Dengan Stres Kerja Pada Guru di Kabupaten X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(2), 66–76.

Robbins, S. P., Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Safitri, H. U. (2020). Hubungan Beban Kerja Dengan Stres Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 174. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4897

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Weken, M. E., Mongan, A. E., & Kekenusa, J. S. (2020). Relationship between Workload, Role Conflict, and Social Support with Work Stress on Teachers at Manado 1 State High School During the Covid-19 Pandemic. Journal of Public Health and Community Medicine, 1(2020), 80–88.

Zulkifli, Z., Rahayu, S. T., & Akbar, S. A. (2019). Hubungan Usia, Masa Kerja dan Beban Kerja Dengan Stres Kerja Pada Karyawan Service Well Company PT. ELNUSA TBK Wilayah Muara Badak. KESMAS UWIGAMA: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1), 46–61.


Article Metrics

 Abstract Views : 133 times
 PDF Downloaded : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 linda aryani, Annisaa Silvia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.