HEDONISM LIFESTYLE IN STUDENTS REVIEWED FROM SELF-CONCEPT AND RELIGIOSITY
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta  Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Tri Widyaningrum, Siti Nurina Hakim
DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v15i2.124249
Abstract
Gaya hidup hedonisme merupakan gaya hidup yang berkaitan dengan aktivitas, minat, dan pikiran yang mengarah pada kesenangan hidup. Salah satu faktor yang mempengaruhi kehidupan hedonisme adalah konsep diri dan faktor lain yang mempengaruhi adalah religiusitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri, religiusitas dan gaya hidup hedonisme pada mahasiswa serta pengaruh dari masing-masing variabel. Pendekatan yang digunakan adalah korelasi kuantitatif dengan menggunakan tiga skala konsep diri, religiusitas dan gaya hidup hedonisme. Sampel penelitian mahasiswa aktif strata satu (S1) program studi geografi, teknik industri, dan kesehatan masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2019-2022 dan dipilih dengan metode cluster random sampling. Sampel sebanyak 342 orang, kemudian penyebaran kuesioner dilakukan secara accidental sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hipotesis penelitian yaitu ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dan religiusitas dengan gaya hidup hedonisme. Hasil menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri, religiusitas dan gaya hidup hedonisme dengan nilai Sig. 0,000 (p<0,01) artinya hipotesis mayor diterima. Ada hubungan negatif antara konsep diri dan gaya hidup hedonisme dengan nilai Pearson Correlation (r) -0,224 dan Sig. 0,000 (p<0,01) artinya hipotesis minor konsep diri dan gaya hidup hedonisme diterima. Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara religiusitas dan gaya hidup hedonisme dengan nilai Pearson Correlation (r) -0,456 dan Sig. 0,000 (p<0,01) artinya hipotesis minor religiusitas dan gaya hidup hedonisme diterima.
Keywords
References
Azwar. (2017). Metode Penelitian Psikologi.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Basri. (2015). Pengaruh gender, religiusitas dan sikap love of money pada persepsi etika penggelapan pajak mahasiswa akuntasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(1), 45–54.
Brilliandita, & Putrianti. (2015). Hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan gaya hidup hedonisme pada mahasiswi psikologi Ust Yogyakarta. Jurnal Sprits, 5(2), 45–49.
Chaney. (1996). Life style (terjemahan) Sebuah pengantar komprehensif. Jalasutra.
Engel, Blackwell, & Miniard. (1994). Perilaku Konsumen: Vol. Jilid 1 (Budiyanto, Ed.; Edisi 6). Binarupa Aksara.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Glock, & Stark. (1965). Religion and Society in Tension. Rand Mcnally.
Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima).
Hurlock. (2003). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.
Kotler. (1997). Principlis of marketing: Consumen Behavior (Sindoro dan Molan, Ed.; Edisi 3). Prenhalindo.
Muis, Taibe, & Adi. (2019). Hubungan harga diri dengan gaya hidup hedonis pada mahasiswa Tidore di Kota Makassar. Jurnal Psikologi, 1–9.
Saputri, & Rachmatan. (2016). Religiusitas Dengan Gaya Hidup Hedonisme: Sebuah Gambaran Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Jurnal Psikologi, 12(2), 59–67.
Sarwono. (2015). Psikologi Sosial. Salemba Humanika.
Setiowati, & Supriyadi. (2020). Hubungan penggunaan media sosial , religiusitas dengan agresifitas mahasiswa fakultas ilmu kesehatan universitas muhammadiyah purwokerto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 230–237.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Edisi 2). Alfabeta.
Sujianto. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Prestasi Pustaka.
Tjipto. (2006). Konsep diri positif menentukan prestasi anak. Kanisius.
Article Metrics
Abstract Views : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tri Widyaningrum, Siti Nurina Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.