EFEKTIFITAS PENERAPAN MINDFULNESS TERHADAP INHIBITORY CONTROL PADA MAHASISWA

Marchelina Febe(1),
(1) Universitas Bunda Mulia  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 marchelina febe

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v15i1.123926

Full Text:    Language : en

Abstract


Dewasa ini banyak mahasiswa yang mengalami kepenatan akibat masa transisi dari perkuliahan online dengan onsite. Para mahasiswa mengalami kesulitan untuk tetap dapat fokus dalam jangka waktu yang lama untuk menghadapi perkuliahan onsite. Hal ini tentunya akan berpengaruh ke dalam proses pembelajaran mahasiswa tersebut (van den Wildenberg et al., 2022). Erat sekali fokus atau konsentrasi dalam belajar ini dengan istilah inhibitory control, dimana istilah ini merujuk pada kemampuan individu/seseorang untuk dapat mempertahankan fokusnya pada satu hal yang dirasa penting. Hal ini dapat mengakibatkan fokus/konsentrasi mahasiswa akan dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak memilikinya (Rabi et al., 2022). Mengingat pentingnya hal ini, maka diperlukan sebuah cara untuk dapat meningkatkan inhibitory control pada mahasiswa, salah satunya adalah dengan penerapan teknik mindfulness. Dimana teknik ini akan dapat mengajarkan kita ataupun para mahasiswa untuk dapat melatih konsentrasi dan fokus yang dimilikinya. Pengambilan data yang dilakukan pada penelitian ini bersifat eksperimental. Dimana peneliti akan menerapkan teknik mindfulness di dalam kelas, dan melihat efektifitasnya terhadap inhibitory control para mahasiswa melalui stroop test. Diharapkan dari penelitian ini akan dapat membawa dampak positif bagi para mahasiswa agar dapat menunjang proses pembelajaran menjadi lebih baik dan menghasilkan mahasiswa yang berkompetensi.

Kata kunci: Mindfullness, inhibitory control, mahasiswaKata kunci : Masa kehamilan, wanita bekerja, produktif


Article Metrics

 Abstract Views : 113 times
 PDF Downloaded : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 marchelina febe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.