Konsep Diri dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII SMK

Nurul Puteri Hendrianti(1), Herio Rizki Dewinda(2),
(1) Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang  Indonesia
(2) Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang)

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v10i1.105016

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial keluarga dengan kematangan karir pada siswa. Sampel penelitian ini adalah 191 orang siswa kelas XII SMK Negeri 3 Kota Padang. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini ialah skala kematangan karir, skala konsep diri dan skala dukungan sosial. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan kematangan karir. Konsep diri memiliki korelasi positif secara signifikan dengan kematangan karir (r = 0,601, p = 0,000), dukungan sosial keluarga juga memiliki memiliki korelasi positif secara signifikan dengan kematangan karir (r = 0,533, p = 0,000), serta nilai korelasi antara konsep diri dan dukungan sosial keluarga secara bersamaan dengan kematangan karir sebesar 0,642 (p = 0,000).

Keywords


Konsep diri, dukungan sosial keluarga, kematangan karir

Article Metrics

 Abstract Views : 2757 times
 PDF Downloaded : 1128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.