Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial keluarga dengan kematangan karir pada siswa. Sampel penelitian ini adalah 191 orang siswa kelas XII SMK Negeri 3 Kota Padang. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini ialah skala kematangan karir, skala konsep diri dan skala dukungan sosial. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan kematangan karir. Konsep diri memiliki korelasi positif secara signifikan dengan kematangan karir (r = 0,601, p = 0,000), dukungan sosial keluarga juga memiliki memiliki korelasi positif secara signifikan dengan kematangan karir (r = 0,533, p = 0,000), serta nilai korelasi antara konsep diri dan dukungan sosial keluarga secara bersamaan dengan kematangan karir sebesar 0,642 (p = 0,000).
Keywords
Konsep diri, dukungan sosial keluarga, kematangan karir