Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi dan Faktor Penyebabnya dalam Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Rafi Maulana(1), Abdurrahman Abdurrahman(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/121961-019883

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis kesalahan penggunaan konjungsi koordinatif dan subordinatif dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini konjungsi koordinatif dan subordinatif teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Sumber data penelitian ini yaitu teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai. Data dianalisis dengan mengklasifikasikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, dari 30 teks prosedur siswa ditemui 145 konjungsi koordinatif yang ditulis dengan tepat dan 51 konjungsi ditulis tidak tepat. Faktor penyebab kesalahan penggunaan konjungsi koordinatif ditemui 33 error dan 13 mistake. Kedua, dari 30 teks prosedur siswa ditemui 107 konjungsi subordinatif yang ditulis dengan tepat dan 26 konjungsi ditulis tidak tepat. Faktor penyebab kesalahan penggunaan konjungsi subordinatif siswa ditemui 17 error dan 9 mistake.


Article Metrics

 Abstract Views : 126 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/