VALIDITAS E-BOOK INTERAKTIF KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMAN 8 PADANG
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/113159-019883
Full Text: Language :
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Pertama, Mendeskripsikan bagaimana validitas e-book interaktif untuk pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padang. Kedua, Mendeskripsikan bagaimana validitas e-book interaktif berbasis kearifan lokal ditinjau dari segi kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah mixed methods atau yang biasa dikenal dengan metode penelitian campuran. Model campuran yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini menunjukan kevalidan e-book interaktif sebesar 94,44 % dengan kategori sangat valid. Kevalidan aspek isi sebesar 87,5 % (sangat valid), kevalidan aspek bahasa sebesar 90 % (sangat valid), kevalidan aspek penyajian sebesar 100 % (sangat valid) dan kevalidan aspek kegrafikan sebesar 82,14% (sangat valid). Berdasarkan hasil validitas, dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif untuk keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padang dapat dikatakan sudah valid untuk dilanjutkan ketahap selanjutnya.
Kata kunci: validitas, e-book interaktif, dan keterampilan menulis teks eksplanasi
Article Metrics
Abstract Views : 222 timesPDF Downloaded : 224 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/