PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK RESTU IBU

Aryenis Aryenis(1),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang,  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/103726

Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain peran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelompok B, Taman Kanak-kanak Restu Ibu Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam Tahun Ajaran 2018/2019. Sebanyak 15 orang anak, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang perempuan.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II, 3 kali pertemuan. Data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil observasi dianalisis dengan teknik persentase. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri anak dalam  pembelajaran. Pada kondisi awal, nilai berkembang sangat baik (BSB) 7%, pada siklus 1 nilai berkembang sangat baik (BSB) meningkat menjadi 33%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 80% dan setiap aspeknya telah mencapai KKM.  Jadi dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri anak dapat meningkat melalui kegiatan bermain peran.

 

 


Keywords


Percaya diri; bermain peran

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Aziz Syafrudin. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Kalimedia

Aziz Abdul Amka.2016. Meletakan Pondasi Usia Emas Anak Indonesia.Klaten : PT Cempaka Putih.

Agustin Mubiar. 2015. Model Stimulasi Kepemimpinan Melalui Bermain Peran. Bandung: PAUD IPHI

Asrullah syam, Amri 2017. Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek volume 5 nomor 1.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembina TK/SD. 2015. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta

Madyawati Llis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: PT Kencana

Mulyasa. 2014. Manajemen Paud.Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Nurani Yuliani.2016.Sentra Bermain Peran Mikro.Jakarta:Indocam .

Permendikbud nomor 137.tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Direktorat pendidikan Anak Usia Dini

Permendikbud.nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan 2013.

Sujiono.yuliani Nurani.2016.Konsep dasar Pendidikan anak Usia dini. Jakarta:PT Inde

Susanto.Ahmad.2012.Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya.Jakarta : Kencana Prenada Meda Gramedia

Suryana Dadan. 2013.Pendidikan Anak Usia Dini ( Teori dan Praktek) Padang: UNP Pres.

Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Suyadi dan Ulfah Maulidya. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sugiyono. 2011. Metotde PenelitianPendidikan. Jakarta: CV. Alfabeta.

Siswanto Wahyudi. 2012. Membentuk Kecerdasan Spritual Anak. Jakarta: AMZAH

Said Alamsyah dan Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar. Jakarta: PT Kencana

Suratno. 2005. Pengebangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Syafril.2010. Statistika.Padang: Suka Bina Press

Rahayu Yofita Aprianti. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI .2009.Ilmu dan Aplikasi Pendidikan .Bandung : PT.Imtima

Yamin,Martiniss.2010.Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GaungPersada.

Y Yaswinda and Y Yulsyofriend. 2018. Development Literacy Based on the Neuroscience Theory for Early Childhood in Digital Era. 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018). Atlantis Press

Wismiarti Arriyani Neni. 2010. Sentra Main Peran. Jakarta: PT Pustaka Alfalah

Wijana Widarmi. 2014. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

 Abstract Views : 7022 times
 PDF Downloaded : 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.