Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain peran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelompok B, Taman Kanak-kanak Restu Ibu Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam Tahun Ajaran 2018/2019. Sebanyak 15 orang anak, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II, 3 kali pertemuan. Data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil observasi dianalisis dengan teknik persentase. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri anak dalam pembelajaran. Pada kondisi awal, nilai berkembang sangat baik (BSB) 7%, pada siklus 1 nilai berkembang sangat baik (BSB) meningkat menjadi 33%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 80% dan setiap aspeknya telah mencapai KKM. Jadi dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri anak dapat meningkat melalui kegiatan bermain peran.