PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK RESTU IBU
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang,  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/103726
Full Text: Language :
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain peran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelompok B, Taman Kanak-kanak Restu Ibu Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam Tahun Ajaran 2018/2019. Sebanyak 15 orang anak, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II, 3 kali pertemuan. Data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil observasi dianalisis dengan teknik persentase. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri anak dalam pembelajaran. Pada kondisi awal, nilai berkembang sangat baik (BSB) 7%, pada siklus 1 nilai berkembang sangat baik (BSB) meningkat menjadi 33%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 80% dan setiap aspeknya telah mencapai KKM. Jadi dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri anak dapat meningkat melalui kegiatan bermain peran.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Aziz Syafrudin. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Kalimedia
Aziz Abdul Amka.2016. Meletakan Pondasi Usia Emas Anak Indonesia.Klaten : PT Cempaka Putih.
Agustin Mubiar. 2015. Model Stimulasi Kepemimpinan Melalui Bermain Peran. Bandung: PAUD IPHI
Asrullah syam, Amri 2017. Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek volume 5 nomor 1.
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembina TK/SD. 2015. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta
Madyawati Llis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: PT Kencana
Mulyasa. 2014. Manajemen Paud.Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Nurani Yuliani.2016.Sentra Bermain Peran Mikro.Jakarta:Indocam .
Permendikbud nomor 137.tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Direktorat pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud.nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan 2013.
Sujiono.yuliani Nurani.2016.Konsep dasar Pendidikan anak Usia dini. Jakarta:PT Inde
Susanto.Ahmad.2012.Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya.Jakarta : Kencana Prenada Meda Gramedia
Suryana Dadan. 2013.Pendidikan Anak Usia Dini ( Teori dan Praktek) Padang: UNP Pres.
Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Suyadi dan Ulfah Maulidya. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2011. Metotde PenelitianPendidikan. Jakarta: CV. Alfabeta.
Siswanto Wahyudi. 2012. Membentuk Kecerdasan Spritual Anak. Jakarta: AMZAH
Said Alamsyah dan Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar. Jakarta: PT Kencana
Suratno. 2005. Pengebangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Syafril.2010. Statistika.Padang: Suka Bina Press
Rahayu Yofita Aprianti. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.
Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI .2009.Ilmu dan Aplikasi Pendidikan .Bandung : PT.Imtima
Yamin,Martiniss.2010.Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GaungPersada.
Y Yaswinda and Y Yulsyofriend. 2018. Development Literacy Based on the Neuroscience Theory for Early Childhood in Digital Era. 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018). Atlantis Press
Wismiarti Arriyani Neni. 2010. Sentra Main Peran. Jakarta: PT Pustaka Alfalah
Wijana Widarmi. 2014. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Article Metrics
Abstract Views : 7022 timesPDF Downloaded : 153 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.