PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MATA PELAJARAN IPA PADA SMPN DI KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT

Amali Putra(1), Fri Yasma Dani(2), Resmalinda Resmalinda(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/bt.v6i4.116713

Full Text:    Language : en    Language : en

Abstract


Telah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bersifat insidental berupa “pendampingan teknis dalam mengimpleentasikan pendekatan saintfik  mata pelajaran IPA   SMP di Kabupaten Agam selama 3 bulan (Agustus-Nopember 2021) yang bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan standar proses kurikulum 2013 dan tujuan sampingan ; 2) mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi proses implementasi kurikulum tersebut pada mata pelajaran IPA pada SMP N di Kabupaten Agam.

Hasil evaluasi kegiatan pendampingan menunjukkan bahwa a) rata-rata kualitas perangkat pembelajaran yang disiapkan guru berada pada kondisi tersedia, tetapi belum lengkap terutama berkenaan dengan komponen RPP, media dan sumber belajar, aspek evaluasi, instrument evaluasi, dan bahan ajar b) pendekatan saintifik telah terlaksana tapi tidak sempurna, c) penguasaan konten dan kualitas persiapan pembelajaran guru masih rendah, d) pelaksanaan pembelajaran IPA pada umumnya masih dipisah antara IPA Fisika dan IPA Biologi, dan e) pendapat informan tentang permasalahan IPA berasal dari beberapa faktor terutama, yaitu masih rendahnya kompetensi guru, dan kurangnya fasilitas pendukung kurikulum.

 

Kata kunci : implementasi, pendekatan saintifik, keterpaduan, pelajaran IPA


Article Metrics

 Abstract Views : 104 times
 Untitled Downloaded : 0 times  PDF Downloaded : 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.