The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Telah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bersifat insidental berupa “pendampingan teknis dalam mengimpleentasikan pendekatan saintfik  mata pelajaran IPA   SMP di Kabupaten Agam selama 3 bulan (Agustus-Nopember 2021) yang bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan standar proses kurikulum 2013 dan tujuan sampingan ; 2) mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi proses implementasi kurikulum tersebut pada mata pelajaran IPA pada SMP N di Kabupaten Agam.

Hasil evaluasi kegiatan pendampingan menunjukkan bahwa a) rata-rata kualitas perangkat pembelajaran yang disiapkan guru berada pada kondisi tersedia, tetapi belum lengkap terutama berkenaan dengan komponen RPP, media dan sumber belajar, aspek evaluasi, instrument evaluasi, dan bahan ajar b) pendekatan saintifik telah terlaksana tapi tidak sempurna, c) penguasaan konten dan kualitas persiapan pembelajaran guru masih rendah, d) pelaksanaan pembelajaran IPA pada umumnya masih dipisah antara IPA Fisika dan IPA Biologi, dan e) pendapat informan tentang permasalahan IPA berasal dari beberapa faktor terutama, yaitu masih rendahnya kompetensi guru, dan kurangnya fasilitas pendukung kurikulum.

 

Kata kunci : implementasi, pendekatan saintifik, keterpaduan, pelajaran IPA