Students’ Perception toward Implementation of Kamishibai as A Medium for Practicing Japanese Speaking
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Osaka University  Japan
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang 
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v15i2.114437
Full Text: Language : id
Abstract
Berbicara dalam bahasa Jepang merupakan salah satu hal yang umumnya dianggap sulit bagi pemelajar bahasa Jepang. Ketidakpercayaan diri, kecemasan, kurangnya latihan, maupun proses pembelajaran yang kurang menekankan pada kemampuan berbicara dapat menjadi faktor penyebab kesulitan-kesulitan tersebut. Banyak strategi, tmetode, teknik maupun media yang dapat diimplementasikan untuk melatih kemampuan berbicara bahasa Jepang, salah satunya adalah dengan bercerita. Di Jepang terdapat salah satu teknik bercerita yang menarik dan interaktif, yaitu kamishibai. Kamishibai merupakan bentuk bercerita visual partisipatori yang menggabungkan gambar dengan narasi yang menarik dari pencerita. Menurut kajian dari Segu (2016) Kamishibai dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu persepsi siswa terhadap implementasi kamishibai sebagai media latihan berbicara bahasa Jepang. Data pada penelitian ini adalah hasil angket persepsi siswa, teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket 4 skala Likert. Responden pada penelitian ini adalah siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang yang berjumlah 18 orang. Hasil dari penelitian diketahui bahwa lebih dari 88% responden memberikan persepsi yang positif terhadap penerapan kamishibai sebagai media latihan berbicara bahasa Jepang. Hampir seluruh siswa berpandangan bahwa dengan kamishibai dapat meningkatkan ketertarikan, antusiasme, kepercayaan diri, minat dan motivasi siswa dalam berbicara bahasa Jepang.
Keywords
References
Ansaldo, M. (2014). Kamishibai in kindergarten: The Magica of ancient Japanese storytelling with young learners. Argentinian Journal of Applied Linguistics. 2(1), 26-31
Baird, P. (2010). Making College Writing Fun for ESL and EFL Learner Using Kamishibai. The Internel TESL Journal, 16.11 (2010)
Battino, D., & Kataoka, H. (2007) Kamishibai Performace Tips. Moon Leaf Arts
Matsui, N. (2005) Kamishibai – kyokanno yorokobi. [Kamishibai for joy], 4th edn. Tokyo: Doshinsha
McGowan, T (2012) “Kamishibai-a brief history”. Kamishibai for kids. Retrieved from http://www.kamishibai. com/history.html
Meleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Nash, Eric P. (2009). Manga Kamishibai: The Art of Japanese Paper Theatre. New York: Abrams Comicarts.
Novilia, V. (2013). The Use of Kamishibai to Teach Speaking Narrative Text to the Eight Graders of SMPN 40 Surabaya. Retain, 1(2).
Paatela-Nieminen, M. (2008). The Intertextual Method for 91 Art Education Applied in Japanese Paper Theatre – a Study on Discovering Intercultural Differences, International Journal of Art and Design education, 27 (1), 91-104
Sani, Ridwan Abdullah., Manurung, Sondang R., Suswanto, Hary, & Sudiran (2018) Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.
Schodt, Frederik L. (1996). Dreamland Japan: Writings on Modern Manga. Berkeley: Stone Bridge Press.
Schodt, Frederik L. (1997). Manga! Manga! The World of Japanese Comics. Tokyo: Kodansha International Ltd.
Segu (2016). Meningkatkan Kemampuan Bercerita dengan Kamishibai. At-Turats Vol. 10 No. 2 (2016) 103 - 118
Slameto (2010) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tanjung, N.A. (2018) The Use of Kamishibai Media to Improve Students’ Speaking Ability in Storytelling at The Eleventh Grade of Ma Zakiyun Nazah Sei Rampah. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Vukov, E (1997). Kamishibai, Japanese Storytelling: the return of an imaginative art. Education about Asia. 2(1), 39-41
Article Metrics
Abstract Views : 426 timesPDF Downloaded : 203 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.