Adversity Quotient Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNP dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Tahun 2020

Reny Rahmalina(1), Reza Tririzky(2), Annisa Fitri(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v14i2.110554

Full Text:    Language : id

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar pada seluruh aspek kehidupan tak terkecuali pendidikan. Pelaksanaan pendidikan yang biasanya secara langsung kini harus beralih secara daring termasuk Praktek Lapangan Kependidikan yang dikenal dengan PLK. Kondisi PLK ini tentunya menjadi hal baru dan dapat menjadi tantangan sendiri pada diri mahasiswa termasuk mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang. Dalam menghadapi kondisi ini, tentunya diperlukan kecakapan dan kecerdasan yang mampu membantu mahasiswa tetap bertahan dalam kondisi tersebut yang juga dikenal dengan AQ. Pengukuran AQ  menggunakan instrumen Adversity Quotient untuk mahasiswa yang telah melalui validasi ahli serta uji validitas dan realibilitas. Jumlah mahasiswa yang terlibat pada penelitian ini ialah 44 mahasiswa prodi Pendidikan bahasa Jepang yang melaksanakan PLK di sekolah secara daring tahun 2020. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan dan dijibarkan, didapatkan hasil secara umum AQ mahasiswa yang menjalani PLK secara daring berada pada kondisi yang baik. Mahasiswa tetap mampu menunjukkan potensi dan tetap berusaha menjalani PLK segaimana mestinya meskipun dilakukan secara daring dan berada pada kondisi pandemi.

Kata kunci:  PLK, AQ , Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.


Keywords


PLK, AQ , Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.

References


Adelin, D. M. (2019). Pengaruh Adversity Quotient dalam Memperbaiki Perilaku Remaja di LPKA Kelas II Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Dhonal, R., & Rijal Abdullah, M. T. (2019). Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP Sebagai Calon Guru Profesional Di SMK. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 6(2).

Fitria, N., Hernawati, T., & Hidayati, N. O. (2013). Adversity Quotient Mahasiswa Baru yang Mengikuti Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 1(2).

Fitriana, E. U. (2018). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan II (PPLK II) dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2017/2018 (Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo).

Hafidhoh, N. (2007). Persepsi Guru Pamong Terhadap Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang di SMK Se Kota Semarang Tahun 2006/2007 (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Irianti, N. P., Subanji, S., & Chandra, T. D. (2016). Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 133-142.

Juliandi, A., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.

Leonard & Niki, A. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (AQ ) dan Kemampuan

Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan. 28(1), 55-64.

Nurhayati, N., & Fajrianti, N. (2015). Pengaruh Adversity Quotient (AQ ) dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 72-77.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.

Saehu, A. (2017). Model PPL Internasional untuk mahasiswa calon guru di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) (Doctoral dissertation, -).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Suhandoyo, G. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higherorder Thinking Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ ). MATHEdunesa, 5(3), 156- 165.

Susilo, R. Y. (2005). Analisis Pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Syafitri, D. D. (2015). Studi Deskriptif Mengenai Adversity Quotient Pada Mahasiswa Berprestasi Rendah di Fakultas Psikologi UNISBA Angkatan 2012 (Doctoral dissertation, Fakultas Psikologi (UNISBA)).

Tika Nilam, S. (2018). Pengelolaan Kelas Oleh Guru Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Pada Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 22 Padang (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumatera Barat).

Utami, E. W., & Dewanto, A. (2013). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Kinerja Perawat dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi di RSUD” Ngudi Waluyo” Wlingi). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(1), 1-11.

Wardiana, I. P. A., Wiarta, I. W., & Zulaikha, S. (2014). Hubungan antara Adversity Quotient (AQ ) dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD di Kelurahan Pedungan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1), 187- 198.

Wijaya, T. (2007). Hubungan Adversity Intelligence dengan Intensi Berwirausaha (Studi Empiris Pada Siswa SMKN 7 Yogyakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 117-127.

Winarti, P. (2020). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi PGSD FKIP UNDARIS di Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Ungaran Barat dan Timur Tahun Akademik 2018/2019. Waspada (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 7(1), 43-55.

Yoga, M. (2016). Adversity Quotient: Agar Anak Tak Gampang Menyerah. Solo: Tinta Medina.


Article Metrics

 Abstract Views : 458 times
 PDF Downloaded : 161 times

Data citation

NEO KONSELING

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.