Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar pada seluruh aspek kehidupan tak terkecuali pendidikan. Pelaksanaan pendidikan yang biasanya secara langsung kini harus beralih secara daring termasuk Praktek Lapangan Kependidikan yang dikenal dengan PLK. Kondisi PLK ini tentunya menjadi hal baru dan dapat menjadi tantangan sendiri pada diri mahasiswa termasuk mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang. Dalam menghadapi kondisi ini, tentunya diperlukan kecakapan dan kecerdasan yang mampu membantu mahasiswa tetap bertahan dalam kondisi tersebut yang juga dikenal dengan AQ. Pengukuran AQ  menggunakan instrumen Adversity Quotient untuk mahasiswa yang telah melalui validasi ahli serta uji validitas dan realibilitas. Jumlah mahasiswa yang terlibat pada penelitian ini ialah 44 mahasiswa prodi Pendidikan bahasa Jepang yang melaksanakan PLK di sekolah secara daring tahun 2020. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan dan dijibarkan, didapatkan hasil secara umum AQ mahasiswa yang menjalani PLK secara daring berada pada kondisi yang baik. Mahasiswa tetap mampu menunjukkan potensi dan tetap berusaha menjalani PLK segaimana mestinya meskipun dilakukan secara daring dan berada pada kondisi pandemi.

Kata kunci:  PLK, AQ , Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.


Keywords


PLK, AQ , Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.