Konseling Realita untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa
(1) universitas kanjuruhan malang  Indonesia
(2) Universitas Kanjuruhan Malang  Indonesia
(3) Universitas Kanjuruhan Malang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 khairul bariyyah, Rita Putri Hastini, Eva Kartika Wulan Sari
DOI : https://doi.org/10.24036/02018718767-0-00
Full Text: Language : id
Abstract
Keywords
References
Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2011). Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasar regulasi-diri. Hubs-Asia, 9(2).
Buana, M. F. (2012). Penerapan CTL dengan Kooperatif NHT pada mata pelajaran biologi un¬ tuk meningkatkan motivasi belajar siswa sma muhammadiyah 1 malang. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 9, No. 1).
Bahri, S. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimitrov, D. M., & Rumrill Jr, P. D. (2003). Pretest-posttest designs and measurement of change. Work, 20(2), 159–165.
Gerald, C. (2010). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Refika Aditama, Bandung.
Glasser, W. (2010). Reality therapy in action. New York, NY, US: HarperCollins Publishers.
Lestari, N. N. S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problembased Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 1(2).
Magdalena. (2015). Efektifitas Teknik Konseling Realita Untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP PGRI 06 Malang.Malang: Universitas Kanjuruhan.
Masrohan, A., & Pratiwi, T. I. (2014). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA TEKNIK WDEP UNTUKMENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ROGOJAMPI BANYUWANGI. Jurnal BK UNESA, 4(3).
Merdiekawati, P., & Clairine, C. (2008). Analisa Terapi Kinerja. Metamorfosis, 2(8).
Muchtar, H. (2010). Penerapan penilaian autentik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 68–76.
Mudhofir, A. (2012). Pendidik profesional: konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada.
Musyarofah. (2013). Efektifitas Konseling Realita Untuk Menurunkan Perilaku Tidak Bertanggung Jawab Siswa Dalam Belajar.Malang: Universitas Negeri Malang.
Nashrullah, F. A. (2015). KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITAS SEBAGAI UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.
Novriyanti, D. (2013). Keefektifan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa dalam Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (UNESA).
Rosida, U. A., Asrowi, A., & Hidayat, R. R. (2017). Konseling Realitas untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 5(1).
Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Stanek III, E. J. (1988). Choosing a pretest-posttest analysis. The American Statistician, 42(3), 178–183.
Sulistyowati, W., & Warsito, H. (2010). Penerapan Konseling Realita Untuk Meningkatkan Harga Diri siswa. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 11(1).
Susanti, R. (2016). Efektifitas Konseling Realitas Untuk Peningkatan Regulasi Diri Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psikologi, 11(2), 88-93.
Suwardi, D. R. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
Ulfa, D. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar dengan Layanan Konseling Individual Berbasis Self-Management pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Widodo, B. (2012). Keefektifan Konseling Kelompok Realitas Mengatasi Persoalan Perilaku Disiplin Siswa di Sekolah. Widya Warta, 35(1).
Wulandari, T. A. (2014). BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI REALITAS UNTUK MENANGANI SEORANG IBU YANG MEMILIKI ANAK PENYANDANG AUTIS DI GANG SALAFIYAH WONOCOLO SURABAYA (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel).
Zubaedi. (2011). Design Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan.Jakarta: Kencana.
Article Metrics
Abstract Views : 7158 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2604 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 khairul bariyyah, Rita Putri Hastini, Eva Kartika Wulan Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.