Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying di Sekolah
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017
DOI : https://doi.org/10.24036/0201321866-0-00
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Ahmad, J. 2007. Modul dan Kaunseling Penyalahgunaan Dadah. Serdang: Universiti Putra Malaysia.
Astuti, R. P. 2008. Meredam Bullying (3 Cara Efektif Mengatasi Kekerasan pada Anak). Jakarta: Grasindo.
Ayriza, Y. 2009. Pengembangan Modul Bimbingan Pribadi Sosial Bagi Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Menghadapi Bencana Alam. Jurnal Pendidikan. 39 (2): 141-156.
Badan PSDMPK-PMP. 2012. Pedoman Penyusunan Modul Program Pendidikan dan Pelatihan Terpadu Bagi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Badan PSDMPK-PMP.
Beane, A. L. 2008. Protect Your Child From Bullying. San Fransisco: Jossey-Bass.
Colorosa, B. 2007. Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
Dharma, S. 2008. Penulisan Modul, Kompetensi Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Depdiknas.
Indaryanti., Hartono, Y. dan Aisyah, N. 2008. Pengembangan Modul Pembelajaran Individual dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 35-44.
Molenda, M. 2003. In Search of the Elusive ADDIE Models. Indiana University.
Mudjiran. 2011. Pengembangan Model Terstruktur Kepada Siswa. Padang: Sukabina Press.
Nasution, S. 1993. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
PPs UNP. 2011. Buku Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi. Padang: PPs UNP.
Prayitno. 2009. Wawasan Profesional Konseling. Padang: UNP
Riauskina dkk. 2005. ”Gencet-gencetan” di Mata Siswa/Siswi Kelas 1 SMA: Naskah Kognitif Tentang Arti, Skenario, dan Dampak ”Gencet-Gencetan”. Jurnal Psikologi Sosial, 12 (01): 1 – 13.
Sanders, C. E dan Phye, G. D. 2004. Bullying: Implication For the Classromm. California: Academic Press.
Santyasa, I. W. 12-14 Januari 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Peninda Kabupaten Klungkung, Pusat Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha, Klungkung.
Sudjana, N dan Rivai, A. 2001. Teknologi Pengajaran.. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sumarno, A. 2011. Keuntungan dan Kelemahan Pembelajaran Modul. Diunduh di http://elearning.unesa.ac.id tanggal 9 Januari 2012.
Suprawoto, N. A. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. Makalah disajikan pada lokakarya Pengembangan Bahan Ajar bagi Guru, Dinas Pendidikan Kebumen, Kebumen, 17 Juni 2009.
Suratsih. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Laporan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 2002. Diunduh di www.komnasperempuan.or.id tanggal 7 Agustus 2011.
Yayasan Semai Jiwa Insani. 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.
Article Metrics
Abstract Views : 6757 timesPDF Downloaded : 3002 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017