Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok

Khairul Amri(1), Syahniar Syahniar(2), Herman Nirwana(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2016

DOI : https://doi.org/10.24036/02014323239-0-00

Full Text:    Language : en

Abstract


Improving The Ability to Expression Idea Through Group Counselling Services. This research aimed to reveal the ability improvement in expression idea through group counselling services. There are two groups of students at grade X of SMA N 3 Padangsidimpuan that were choosen by using purposive sampling. Each group consist of ten students. The research finding shows that generally the group counselling services is effective to improve the ability in expression idea.

Keywords


Group Counselling, Expression Idea

References


Akhyar, H. (2008). “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Mutu Keterampilan Belajar (Studi Eksperimen di SMP Negeri 2 Padang)”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Achmad. J.N. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Elida. P. (2001). “Keberhasilan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa SMU Memecahkan Masalah”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Muhibin, S. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Prayitno.( 2004). Seri Layanan Bimbingan Konseling. Padang: FIP UNP.

Prayitno. (1997). Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jakarta: Bina Sumber Daya MIPA.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suhartiwi. (2009). “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Esstem dan Motivasi Berprestasi dalam Belajar (Studi Ekperimen di SMAN 13 Padang)”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Winkel. W.S., & Sri. H. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yuni, N.F., & Retno, T.H. Vol 11, No 1 (2010). Strategi Pengubahan Pola Pikir untuk Mengurangi Kecemasan Siswa dalam Mengemukakan Pendapat. Surabaya: http://ejournal.unesa.ac.id/article/7907/75/article.pdf. (diakses tanggal 16/04/2014 23:49:45 PM).


Article Metrics

 Abstract Views : 2027 times
 PDF Downloaded : 1219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016