Strategi Belajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Penididikan Universitas Negeri Padang

Triave Nuzila Zahri(1), Khairani Khairani(2), Syahniar Syahniar(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/02013232140-0-00

Full Text:    Language : en

Abstract


Proses pembelajaran di perguruan tinggi berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya sehingga mahasiswa baru perlu melakukan penyesuaian. Kenyataannya ditemukan mahasiswa yang tidak serius dalam proses perkuliahan, seperti datang terlambat, dan tidak membuat tugas sesuai petunjuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa BK FIP UNP angkatan 2011 yang terdaftar semester Januari-Juni 2013, berjumlah 196 orang. Jumlah sampel 132 orang dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen digunakan adalah angket, diolah dengan teknik analisis persentase.

 

Kata Kunci: proses pembelajaran, mahasiswa.


Keywords


Process of learning, student.

References


A. Muri Yusuf. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Ahmad Fauzan Ridwan. (2013). “Peta Pikiran”(Online).http://ahmad fauzanridwan.blogspot.com/2013/04/penggunaan-teknik-petapikiran. html. Diakses 24 Juni 2013.

Ahmad Sajidin. (2011). “Strategi Belajar” (Online).http://ahmadsajidin84.blogspot.com/2011/05/bab-vi-strategi-strategi-belajar.html. Diakses 1 April 2013.

Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Anwar Holil. (2008). “Mengoptimalkan HasilBelajar”.(Online).http://anwarholil.blogspot.com/2008/04/mengoptimalkan-hasil-belajar-kognitif. html. Diakses 1 April 2013.

Assai Kifrenzy. (2012). “Pengertian Mnemonics”.(Online).http://assaikifrenzy.blogspot.com/2010/12/mnemonic-technique-pengertian-mnemonic.html. Diakses 2 April 2013.

Asupna. (2012). “Cara Membuat Peta Pikiran”.(Online).http://asupna.com/saran-kesan/57-caramembuat petapikiran.html. Diakses 2 April 2013.

Bambang Prasetyo. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif (Teori dan Aplikasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Denontar. (2008). “Teori Perbedaan Individual”.(Online).http://.denontarr.blogspot.com/2008/11/teori-perbedaan-individual.html. Diakses 1 April 2013.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah SB & Zain A. (2002). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fefti. (2012). ”Strategi Metakognitif” (Online).http://blogfefti.wordpress.com/2012/05/03/strategi-meta kognitif/. Diakses 2 April 2013.

Hipni. 2011. “Definisi, Pengertian Strategi”.(Online).http://hipni.blogspot.com/2011/09/definisi-pengertian-strategi.html. Diakses 14 Februari 2013.

Imelda Fitria. (2006). Masalah-masalah yang Dialami Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan UNP (Skripsi). Padang: BK FIP UNP.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada.

M. Nur. (2000). Strategi-Strategi Belajar. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya, University Press.

Minarti Rahayu. (2013). “Pengertian gaya Belajar”.(Online).http://minartirahayu.blogspot.com/2013/03/pengertian-gaya-belajar-berbagai-macam. html. Diakses 7 Mei 2013.

Mind Map Club Indonesia. (2012). “Manfaat Mind Mapping” (Online). http://mindmapclubindonesia.blogspot.com/2012/02/manfaat-mind-mapping-dalam-peningkatan.html. Diakses 2 April 2013.

Nurita Putranti. (2007). “Gaya Belajar” (Online).http://nuritaputranti.wordpress.com/2007/12/gaya-belajar-visual-auditori-atau-kinestetik.html. Diakses 20 Juni 2013.

Oemar Hamalik. (2003). Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pamuncar. (2012). “Definisi, Peran dan Fungsi Mahasiswa” (Online). http://pamuncar.blogspot.com/2012/06/definisi-peran-dan-fungsi-mahasiswa.html. Diakses 14 Februari 2013.

Prayitno. (2002). Seri pemandu Bimbingan dan Konseling di sekolah (buku III). Padang: PT.Bina Sumber Daya MIPA.

Prayitno. (2007). Peningkatan Potensi Mahasiswa. Padang: UNP Press.

Ria Palupijati. (2013). “Gaya Belajar Visual, Audio dan Kinestetik” (Online). http://riapalupijati.blogspot.com/2013/01/gaya-belajar-visual-auditori-dan.html. Diakses 7 Mei 2013.

Slameto. (2003). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Suheriyanto. (2012). “Strategi Belajar” (Online).http://suheriyanto-trk. blogspot.com/2012/04/strategi-strategi-belajar.html. Diakses 2 April 2013.

Tim MKDK. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Padang: UNP.

Tim Penyusun. (2002). Seri Latihan Keterampilan Belajar. Padang: UNP.

Tim Penyusun. (2008). Buku Pedoman Akademik Universitas Negeri Padang. Padang: UNP Press.

Tim Penyusun. (2008). Materi Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru. Padang: UNP Press.

Tim Penyusun. (2012). Materi Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru. Padang: UNP Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 1141 times
 PDF Downloaded : 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)