Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa

Sofwan Adi Putra(1), Daharnis Daharnis(2), Syahniar Syahniar(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/02013221399-0-00

Full Text:    Language : id

Abstract


Abstrak Rendahnya self efficacy yang dimiliki siswa mendorong untuk dilakukannya pemberian sebuah layanan berupa bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok terhadap siswa yang memiliki self efficacy rendah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket self efficacy. Sampel penelitian yaitu siswa Kelas XI SMA Yasmida Ambarawa yang memiliki self efficacy rendah dengan teknik purposive sampling. Data tentang self efficacy dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok yang diberikan efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa.

 

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok; Self Efficacy;


Keywords


Guidance Group; Self Efficacy

References


Bandura, A. (1997). Self Efficacy in Changing Societies. New York: Camberg University Press.

(2006). Guide For Constructing Self-Efficacy Scales. In F. Pajares & T. Urdan (Eds.). Self-efficacy Beliefs of Adolescents, (Vol. 5., pp. 307-337). Greenwich, CT: Information Age Publishing.

Freadman, Howard. (2006). Kepribadian. Teori klasikal dan riset modern. Penerjemah. Fransiska Dian. Jakarta : Erlangga.

Ghufron, M. Nur. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruz Media.

Hadi, Sutrisno. (1993). Metodologi Research jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Juntika, Achmad Nurihsan. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Refika Aditama.

Lukiastuti, Fitra dan Muliawan Hamdani. (2012). Statistika Non parametric. Yogyakarta: CAPS.

Prayitno dan Amti, Erman. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil) Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rusmana, Nandang. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Tekhnik dan Aplikasi). Bandung: Rizki Press.

Sukardi, Dewa Ketut. (2003). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, Muri A. (2005). Teknik Analisa Data. Padang: FIP UNP.


Article Metrics

 Abstract Views : 8516 times
 PDF Downloaded : 3591 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)