Self-control of ctudents in using the Internet

Yola Eka Putri(1), Daharnis Daharnis(2), Marjohan Marjohan(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 yola eka putri

DOI : https://doi.org/10.24036/0201873101409-0-00

Full Text:    Language : en

Abstract


This study sees a picture of student self-control in using the Internet. The research used is descriptive quantitative. The number of respondents in this study were 230 students. The instrument used was a questionnaire, the data were analyzed descriptively by determining the percentage of achievement using the average score percentage formula. The results of the study describe the overall control of BK UNP students in using the Internet in the high category. From the aspect of self-control it was found that: (1) cognitive control of students in using the internet was in the high category, (2) student behavior control in using the internet was in the moderate category, (3) control of student decisions in using the internet in the high.

Keywords


Self-control, Internet

References


Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1).

Andina, E. (2010). Studi dampak negatif facebook terhadap remaja Indonesia. Aspirasi. Jakarta: Pusat Pengkajian, Pengolahan Data Dan Informasi Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Hal, 119–120.

Asari, M. H., & Nuryna, A. F. (2011). Pemblokiran Akses Informasi Elektronik Dan Dokumen Elektronik Yang Memiliki Muatan Yang Melanggar Kesusilaan Di Warung Internet Salwanet Sragen. In Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika (Vol. 1).

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia - APJII. (2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia - Survey 2017. Retrieved from https://apjii.or.id/survei2017

Basri, A. (2014). Kecenderungan Internet Addiction Disorder Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Ditinjau Dari Religiositas. Jurnal Dakwah UIN Sunan Kalijaga, 15(2), 407–432.

Baumeister, R. F., Vohs, K. D., & Tice, D. M. (2007). The strength model of self-control. Current directions in psychological science, 16(6)(351–355).

Dewiratri, T. D., & Karini, S. M. (2014). Hubungan Antara Kecanduan Internet dan Depresi Pada Mahasiswa Pengguna Warnet di Kelurahan Jebres Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 3(2 Sep).

Ekawati, N. W. (2012). Jejaring Sosial/Facebook Sebagai Media E-Pengecer (Studi kasus mahasiswa di Kota Denpasar). Buletin Studi Ekonomi.

Februariyanti, H., & Zuliarso, E. (2012). Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 17(2).

Fiana, F. J., Daharnis, D., & Ridha, M. (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2(3).

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(2).

Fitria, A., & Daharnis, D. S. (2013). Persepsi Siswa Tentang Perilaku Seksual Remaja dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. KONSELOR: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 202–207.

Han Li, Xin (Robert) Luo, Jie Zhang, R., & Sarathy. (2017). Self-Control, Organizational Context, and Rational Choice in Internet Abuses at Work, S0378-7206(30156–2).

Handayani, N. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Narsisme pada Remaja Pengguna Facebook.

Handayani, S. W., Faturokhman, A., & Pratiwi, U. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. In Proceeding.

Hidayat, R., & Retnowati, H. S. W. S. (2004). Kontrol diri dan kecenderungan kecanduan internet. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1).

Intani, C. P., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 7 Padang. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 1–7.

Irfan, I. (2011). Motif Mahasiswa untuk Menggunakan Ponsel Pintar di Surabaya (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Motif Mahasiswa untuk Menggunakan Ponsel Pintar di Surabaya). Faculty of Social and Politics.

Iskandar, I., & Hidayat, A. (2015). Analisa Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kampus (Studi Kasus: UIN Suska Riau). Jurnal CoreIT, 1(2), 67–76.

Jocom, N. (2013). Peran Smartphone Dalam Menunjang Kinerja Karyawan Bank Prismadana (Studi Pada Karyawan Bank Prismadana Cabang Airmadidi). Jurnal Acta Diurna, 2(1).

Lubis, M. (2014). Konsumen Indonesia mulai menyukai belanja online. Tersedia: Http://www. Nielsen. Com/id/en/press-room/2014/konsumen-Indonesia-Mulaimenyukai-Belanja-Online. html.(28 Januari 2016).

Marlena, N., & Sasongko, D. (2012). Pembuatan Website Profil Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kartasura. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 2(3).

Maryani, E. (2017). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK DIGITAL NATIVE GENERATION (Perspektif Perubahan Karakter Pemustaka di Era Digital). PROSIDING KOMUNIKASI, 1(1).

Maulida, R., & Sari, H. (2017). KAITAN INTERNET ADDICTION DAN POLA TIDUR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(3).

Muna, R. F., & Astuti, T. P. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial pada remaja Akhir. Empati, 3(4), 481–491.

Novianto, I. (2011). Perilaku penggunaan internet di kalangan mahasiswa. Surabaya: Universitas Airlangga.

Park, S., Kang, M., & Kim, E. (2014). Social relationship on problematic Internet use (PIU) among adolescents in South Korea: A moderated mediation model of self-esteem and self-control. Computers in Human Behavior, 38, 349–357. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.06.005

Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri.

Permana, S. A., Syahniar, S., & Daharnis, D. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kerinci. Konselor, 3(4), 168–179.

Pradipta. (2016). PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Pembeli Dan Pengguna Kartu Perdana SimPATI Telkomsel Di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 34(1), 138–147.

Prasetyo, B. & L. M. J. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Putri, L. D. P., Suwignyo, H., & Kurniawan, T. (2018). PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KEMAMPUAN BERBAHASA MAHASISWA JURUSAN SASTRA INGGRIS MELALUI LAYANAN GENERAL OVERVIEW OF ENGLISH SELF-ACCESS CENTER. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 27–32.

Rachdianti, Y. (2011a). Hubungan antara self control dengan intensitas penggunaan internet remaja akhir.

Rachdianti, Y. (2011b). Intensitas Penggunaan Internet Remaja. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah.

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku pengguna dan informasi hoax di media sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1).

Rahardian, E. (2011). Pemanfaatan Internet dan Dampaknya Pada Pelajar SMA di Surabaya. Skripsi. Universitas Airlangga: Departemen Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Rodhin, R. (2011). Internet dalam konteks perpustakaan. Pustakaloka, 3(1), 1–19.

Sanditaria, W. (2012). Adiksi Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah di Warung Internet Penyedia Game Online Jatinangor Sumedang. Students E-Journal, 1(1), 32.

Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 80–85.

Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 45–52.

Sari, W. E., Sholeh, M., & Hamzah, A. (2013). Penerapan jQuery Mobile dan PHP Data Object Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Tempat Ibadah di Yogyakarta. Jurnal Script, 1(1).

Soliha, S. F. (2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–10.

Sreedhar, G., Chari, A. A., & Ramana, V. V. V. (2010). Evaluating qualitative measures for effective website design. International Journal on Computer Science and Engineering, 2(01S), 61–68.

Struthers, W. M. (2010). Wired for Intimacy. How Pornography Hijacks the Male Brain. Downers.

Sumantri, S. (2015). Religiositas Sebagai Kendali Nilai Materialistik dan Belanja Pada Mahasiswa.

Widiana, Herlina Siwi , Sofia Retnowati, &, & Hidayat, R. (2012). Kontrol Diri dan Kecenderungan Kecanduan Internet. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), 1(1), 6–16.

Wulandari, D. (2011). Mengembangkan Perpustakaan Sejalan Dengan Kebutuhan Net Generation. Visi Pustaka, 13(2), 16–24.

Yu, S. (2014). Does low self-control explain voluntary disclosure of personal information on the Internet? Computers in Human Behavior, 37, 210–215. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.04.055

Yudhaningsih, R. (2011). Peningkatan efektivitas kerja melalui komitmen, perubahan dan budaya organisasi. Jurnal Pengembangan Humaniora, 11(1), 40–50.

Yuliana, E., & Winata, A. (2009). Persepsi mahasiswa terhadap tutorial online mata kuliah pengelolaan wilayah pesisir dan laut (Kasus: Program magister manajemen perikanan Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 10(2), 118–128.

Yusuf, A. M. (2014). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Zainuddin, Z. (2006). Pola Pemanfaatan Internet oleh Mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara. PUSTAHA, 2(1), 37–48.


Article Metrics

 Abstract Views : 4491 times
 PDF Downloaded : 1212 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 yola eka putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.