DEVELOPING A CONTEXTUAL APPROACH BASED MODULE FOR WRITING A REVIEW TEXT AT GRADE IX SMP 7 PADANG BOLAK

Jusrin Efendi Pohan(1),
(1) Universitas Negeri Padang Kampus UNP AIr Tawar Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v16i1.7596

Full Text:    Language : id

Abstract


PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MENULIS RESENSI DI KELAS IX SMP 7  PADANG BOLAK

 Abstract:

This research aimed to produced the module based context model of writing review material. The development of the modul model were grounded by a crucial problem, students have a low ability in writing the review by productive teaching facility or the teaching material, the teacher tend to deliver the material based on memorize context, not a synthetic thinking, so that the students fell bored and annoyed, and the teaching material was not focused in increasing students ability. Kind of this research is research and development. Research procedure used ADDIE model is Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluasi. Module draft developed then validated by three expert judgement. After module in validated, the module stride was tested on student at Class IX SMP 7 Padang Bolak. The data obtained to be analyzed descriptively. This research found that (1) module based context of writing review material which was developed, (2) module based context of writing review have been practice to use in writing review lear1ning, and (3) module based context of writing review have been effective in increasing student activities and motivations on studied writing learning.

Keywords: Module; writing review material; ADDIE model.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan kontekstual pada penulisan resensi. Pengembangan modul didasarkan pada masalah krusial, siswa memiliki kemampuan menulis yang rendah dalam menulis resensi dengan fasilitas pengajaran yang produktif atau materi ajar, guru cenderung memberikan materi berdasarkan konteks hafalan, bukan pemikiran sintetis, sehingga siswa merasa bosan dan lelah, dan materi pengajarannya tidak terfokus pada peningkatan kemampuan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian yang digunakan model ADDIE adalah Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Rancangan modul dikembangkan kemudian divalidasi oleh tiga penilaian ahli. Setelah modul di validasi, langkah modul diujikan pada siswa Kelas IX SMP 7 Padang Bolak. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa (1) modul berbasis pendekatan kontekstual dalam menulis review material telah dikembangkan, (2) modul berbasis kontekstual telah diujikan dalam penulisan resensi, dan (3) modul berdasarkan pendekatan konteks dalam menulis efektif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam belajar belajar menulis.

Kata kunci: Modul; menulis bahan resensi; ADDIE model.

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Grafindo Persada.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Djuanda, D. (2010). Strategi Pembelajaran Menulis dengan Model Proses Menulis dan Penilaian Portofolio di Kelas IX SMP Sindangraja Kabupaten Sumedang.(Online),Vol.5,No.2 URL: http://file.upi.edu/ai.php?dir=direktori/ C%20FBS/JUR.%20PEND.%20BHS.%20DAN%20SASTRA%%20INDONESIA/. Diakses 19 September 2013).

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hartati, T. 2010. Penerapan Pendekatan Conferencing dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Menengah Pertama. (Online). Vol.5, No.3 URL: http://file.upi.edu/ ai.php?dir=Direktori/c%2020FBS/JUR.%20PEND.%20BHS.%20DAN %20SASTRA%20INDONESIA/. Diakses 22 Maret 2013.

Johnson, B. Elaine. 2011. CTL (Contextual Teaching and Learning): Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning.

Ching Yee Yong dkk. 2012. Gender As A Moderator Between Level of MATLAB Knowledge and MATLAB Features Understanding. International Journal of Education and Learning (Online), Vol. 1, No. 2. URL: www.sersc.org/ journal/IJEL/vol1_no2. Diakses tanggal 10 Januari 2014.

Sezer, Baris. 2013. “Integrating Technology Ito Classroom: the Learner-Centered Instructional Design”. Dalam International Journal on new Trend in Educationin Their Implication. Vol.4. No. 4. (Online). URL: www.iet-c.net/../ietc2013.pdf. Diakses pada tanggal 11 Januari 2014.

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Diserasi. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 527 times
 PDF Downloaded : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni