CHARACTER EDUCATIONAL VALUES IN THE NOVEL OF RANAH TIGA WARNA BY A. FUADI

Dwi Dwi(1), Hasanuddin WS(2), Ermanto Ermanto(3),
(1) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v16i1.7529

Full Text:    Language : id

Abstract


NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RANAH TIGA WARNA KARYA A. FUADI
 

Abstract:

This research is conducted base on background, that is, moral less of young generation until the generation should have characters. Novel of Ranah Tiga Warna by A. Fuadi describes human who have specific characteristics, such as character of education. The character is shown on speech, behavior, and story of narrator on the novel. This research tends to qualitative approach with content analysis method. The result of this study is five values of education character  in the  novel of Ranah Tiga Warna by A. Fuadi  there are believing and praying for God, truthiness, smartness, strongly, carefully.

Key words: Nilai, Pendidikan Karakter, Novel,  Ranah Tiga Warna

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang, kurangnya nilai moral generasi muda sampai generasi harus memiliki karakter. Novel Ranah Tiga Warna oleh A. Fuadi menggambarkan manusia yang memiliki karakteristik spesifik, seperti karakter pendidikan. Karakternya ditunjukkan pada ucapan, tingkah laku, dan kisah narator pada novel. Penelitian ini cenderung pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Hasil penelitian ini adalah lima nilai karakter pendidikan dalam novel Ranah Tiga Warna oleh A. Fuadi, ada yang percaya dan berdoa untuk Tuhan, kebenaran, kecerdasan, kuat, hati-hati.

Kata kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Novel, Ranah Tiga Warna

 


References


A. Fuadi. (2013). Ranah Tiga Warna. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muhardi dan Hasanuddin W.S. (1992). Prosedur Analisis Fiksi. Padang: IKIP Padang.

Muslich, Mansur. (2011). Pedidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Mulitidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Nurgiyantoro, Burhan. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prayitno dan Afriva Khaidir. (2011). Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang: UNP Press.

Ratna, Nyoman Kutha. (2006). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

www.menkokesra.go.id Diunduh tanggal 29 Mei 2014.


Article Metrics

 Abstract Views : 588 times
 PDF Downloaded : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni