CHARACTER EDUCATIONAL VALUES IN THE NOVEL OF RANAH TIGA WARNA BY A. FUADI
(1) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v16i1.7529
Full Text: Language : id
Abstract
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RANAH TIGA WARNA KARYA A. FUADI
Abstract:
This research is conducted base on background, that is, moral less of young generation until the generation should have characters. Novel of Ranah Tiga Warna by A. Fuadi describes human who have specific characteristics, such as character of education. The character is shown on speech, behavior, and story of narrator on the novel. This research tends to qualitative approach with content analysis method. The result of this study is five values of education character in the novel of Ranah Tiga Warna by A. Fuadi there are believing and praying for God, truthiness, smartness, strongly, carefully.
Key words: Nilai, Pendidikan Karakter, Novel, Ranah Tiga Warna
Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang, kurangnya nilai moral generasi muda sampai generasi harus memiliki karakter. Novel Ranah Tiga Warna oleh A. Fuadi menggambarkan manusia yang memiliki karakteristik spesifik, seperti karakter pendidikan. Karakternya ditunjukkan pada ucapan, tingkah laku, dan kisah narator pada novel. Penelitian ini cenderung pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Hasil penelitian ini adalah lima nilai karakter pendidikan dalam novel Ranah Tiga Warna oleh A. Fuadi, ada yang percaya dan berdoa untuk Tuhan, kebenaran, kecerdasan, kuat, hati-hati.
Kata kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Novel, Ranah Tiga Warna
References
A. Fuadi. (2013). Ranah Tiga Warna. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Muhardi dan Hasanuddin W.S. (1992). Prosedur Analisis Fiksi. Padang: IKIP Padang.
Muslich, Mansur. (2011). Pedidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Mulitidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Nurgiyantoro, Burhan. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Prayitno dan Afriva Khaidir. (2011). Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang: UNP Press.
Ratna, Nyoman Kutha. (2006). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
www.menkokesra.go.id Diunduh tanggal 29 Mei 2014.
Article Metrics
Abstract Views : 592 timesPDF Downloaded : 134 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni