THE MENTAL VALUE OF I IN THE SHORT STORY OF "MILANA DAN SUNGAI PURBA: A PSYCHOLOGICAL ANALYSIS

Tutik Handayani(1),
(1) Jurusan keguruan dan ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Sultas Agung Semarang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v18i1.7491

Abstract


NILAI KEJIWAAN TOKOH AKU PADA CERPEN MILANA DAN SUNGAI PURBA KAJIAN PSIKOLOGI

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Nilai Kejiwaan Tokoh Aku Pada Cerpen Milana Dan Sungai Purba Kajian Psikologi, Pada penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi karya sastra, selain itu penelitian ini memfokukan pada karya sastra dari sudut kejiwaan terhadap tokoh utama pada cerpen yang sudah dipilih pengertian psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan seseorang secara ilmiah. Dalam penelitian ini terdapat beberapa kutipan yang menggambarkan kejiwaan tokoh AKU pada cerpen Milani dan Sungai Purba karya Ken Hanggara. Dari kesimpulan pembahasan kejiwaan yang dialamai tokoh AKU disebabkan karena setres berkepanjangan karena, tokoh AKU mengalami kehilangan sang ibu maka dari itu, tokoh AKU mengalami halusinasi dan mimpi yang dianggap orang-orang disekitar tidak mempercayainya.


Keywords


kejiwaan, eksplorasi,observasi

References


Anggraini, D. (2014). Analisis Unsur Psikologis Tokoh Dalam Novel “Dr.White” Karya Adipati Sabrang El-Faruq. Jurnal. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjung pinang. Fakultas ilmu keguruan dan ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Hanggara K. (2016). Milani dan Sungai Purba. Kompas. Cerpen Koran minggu. https://lakonhidup.wordpress.com/tag/kompas/

Mujiyanto, Setiawan, Pradita. (2012). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo (Sebuah Kajian Psikologi Sastra). Jurnal. Universitas sebelas maret. Solo. Fakultas keguruan dan ilmu kependidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Rokhana Siti. 2009. Analisis Tokoh Utama Dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud Pada Cerpen Hana 「鼻」 Karya Akutagawa Ryunosuke. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Bahasa dan Seni.

Sapriani, D., Syarif, H., dan Ardi, H. (2013). Analysis of language style found in novel The Last Tycoon written by F. Scoot fitzgerald. E-Journal English Language and Literature. 2(1), 58-66.

Wardani, S., Marsanti. (2012). Aspek Kejiwaan Tokoh Dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata. Jurnal. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Yastuti Dwi Ryan. Analisis Psikologi Sastra Kumpulan Cerpen Bunga Tabur Terakhir Karya G.M. Sudarta. Jurnal. Unud. sastra Indonesia.


Article Metrics

 Abstract Views : 624 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.