The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Artikel ini didasarkan pada sebuah penelitian dan dimaksudkan untuk menjelaskan bagaimana masukan bahasa mikro dan makro berkontribusi dan berpengaruh terhadap pemerolehan bahasa pertama anak. Subyek penelitian adalah seorang bocah bernama Alifia dan data yang disajikan di dalam artikel ini direkam dan dicatat sejak dia berusia 2 – 3,5 tahun. Data dikumpulkan melalui interaksi verbal langsung, perekaman, dan pencatatan. Menjelang Alfia berusia dua setengah tahun, masukan bahasa yang diberikan oleh anggota keluraga inti sangat menentukan bahasa pertama yang diperoleh si anak. Karena keluarga inti menggunakan bahasa Indonesia dengan si anak, maka anak tersebut juga merespon dengan bahasa Indonesia. Dengan kata lain, pada usia ini masukan bahasa mikro berkontribusi banyak terhadap pemerolehan bahasa pertama si anak. Ketika si anak sudah berusia tiga tahun dan bergaul dengan teman sebaya dan orang lain yang menggunakan bahasa Minangkabau, maka bahasa Indonesia si anak mulai bercampur dengan bahasa Minangkabau. Dia mulai menggunakan campur kode walaupun bahasa utamanya tetap bahasa Indonesia. Pada usia ini masukan bahasa makro memberikan kontribusi yang berarti terhadap perkembangan bahasa si anak. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa pertama anak dipengaruhi oleh masukan bahasa yang dia terima.

Kata kunci: masukan bahasa mikro, masukan bahasa makro, pemerolehan bahasa pertama