Peningkatan Keterampilan Menulis Berita Melalui Pendekatan Inkuiri pada Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah

Ratna Dewi Hasibuan(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3949

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan siswa dalam menulis berita secara logis dan sistematis dalam bentuk teks berita. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses peningkatan keterampilan menulis berita pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Barus Kabupaten Tpanuli Tengah setelah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan inkuiri?, (2) faktor apakah yang menyebabkan peningkatan keterampilan menulis  berita siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis berita siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan inkuiri, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan hasil keterampilan menulis berita siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan inkuiri.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah, yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpul data yaitu, teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari masing-masing tes, kemudian dibandingkan antara siklus I dan siklus II, sedangkan teknik nontes yang digunakan adalah melalui observasi, tes unjuk kerja, wawancara, catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis berita dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan ini terlihat dari rata-rata prasiklus sebesar 54,5%, siklus I sebesar 76,3%, siklus II sebesar 80,73%. Faktor yang menyebabkan peningkatan keterampilan siswa menulis berita  adalah (1) Kerja sama kelompok, (2) kegiatan observasi karya orang lain, (3) adanya kesempatan siswa berlatih menulis berita, (4) pembahasan berita yang telah mereka tulis.

Kata kunci: Keterampilan menulis berita, pendekatan inkuiri

Article Metrics

 Abstract Views : 461 times
 PDF Downloaded : 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)