Pembelajaran Menulis Pantun Secara Integratif Berbasis Lesson Study

Elfia Sukma(1), Mansur Lubis(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3945

Full Text:    Language : en

Abstract


Artikel ini didasarkan pada hasil pelaksanaan kegiatan Lesson Study untuk pembinaan kemampuan profesional dosen dalam pem-belajaran. Lesson Study dilaksanakan oleh dosen kelompok mata kuliah Bahasa Indonesia di Jurusan PGSD FIP UNP. Mata kuliah yang ditetapkan untuk di Lesson Study-kan adalah mata kuliah Pembelajaran Sastra di SD dengan materi Apresiasi Produktif dan pokok bahasan Menulis Pantun Anak. Pendekatan yang dikembangkan adalah pendekatan integratif. Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis pantun secara integratif berbasis Lesson Study bagi mahasiswa PGSD UNP pada tahap plan, do, dan see. Pembelajaran menulis pantun anak yang dirancang secara integratif dan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Lesson Study dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam proses pembelajaran, baik dalam penguasaan materi maupun metode pembelajaran. Di samping itu, pembelajaran tersebut juga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran.

Kata Kunci: Lesson study, integratif, menulis pantun anak

Article Metrics

 Abstract Views : 846 times
 PDF Downloaded : 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)